Akhirnya Netflix merilis season baru Black Mirror. Episode pertama diberi judul Joan is Awful kalau diartikan adalah Joan yang Jahat. Cerita episode pertama ini cukup unik. Ga bikin bosen yang nonton karena sejak awal sudah cukup menarik.

Disclaimer ya: Ulasan ini adalah nulis review suka-suka. Saya ga peduli kalau ada spoiler atau ga nyebut pemeran aslinya. Semua ditulis sesuai yang ada di kepala saya. Terimakasih kalau mau baca. Kalau mau skip juga silahkan.

Cerita episode pertama ini tentang Joan. Iya, sesuai dengan judulnya. Seperti drama biasanya, di awal episode digambarkan aktivitas Joan sebagai pekerja kantoran. Di sini Joan seolah-olah diframing seperti orang jahat.

Dia digambarkan harus memecat salah satu pegawai karena direksi menginginkan hal itu. Setelah itu Joan juga digambarkan belum bisa move on dari mantannya dan hampir selingkuh dengan si mantan.

Keunikan Joan is Awful

Cerita series ini berhasil mengobok-obok imajinasi saya dengan ide cerita tentang layanan streaming  yang super canggih. Di universe nya Black Mirror ini ada layanan OTT bernama Streamberry.

Sebuah komputer kuantum memungkinkan Streamberry untuk membuat series dari kehidupan  sehari-hari subscriber nya. Nah, aneh kan? Iya, di episode itu digambarkan kehidupan Joan dijadikan series di OTT tersebut.

Cerita sama persis dengan apa yang dialami Joan, hanya saja dibintangi aktor-aktor papan atas. Karena diberi judul Joan yan Jahat, dialog di series tersebut diubah drastis sehingga menggambarkan Joan yang benar-benar jahat, menyebalkan, dan tak punya perasaan.

Twist Cerita Joan is Awful

Kembali lagi ke komputer kuantum yang membuat Streamberry mampu membuat series tanpa benar-benar melalui proses produksi konvensional. Apa yang dilakukan Joan hari itu bisa tayang sebagai series di malam harinya.

Semua itu dibuat dengan CGI, di mana aktornya pun hanya visual AI yang diambil dari wajah asli si aktor. Kalau sekarang mirip stock photos atau videos gratisan itu lho.

Joan (dibitnangi Annie Murphy) yang marah dengan Streamberry akhirnya berniat untuk merusak kuantum komputer yang membuat series Joan is Awful. Ia dibantu oleh Salma Hayek yang juga merasa dirugikan karena wajahnya dipakai sebagai bintang Joan is Awful.

Bagian yang paling ga bisa saya rasionalkan adalah ternyata Joan yang dibintangi Annie Murphy itu juga hasil dari komputer kuantum. Dia bukan Joan yang asli. Di universe Joan-Annie Murphy, Salma Hayek berperan menjadi dirinya sendiri. Namun di universe lain Salma Hayek adalah Joan. Cukup tak perlu lagi diperpanjang.

Key Point Joan is Awful

Setelah menonton episode pertama Black Mirror S06 ini saya punya beberapa hal yang cukup menggelitik kalau tidak dibahas. Hal pertama adalah series ini menyinggung “Syarat & Ketentuan” yang diaplikasi apapun tak pernah dibaca oleh penggunanya.

Joan menjadi contoh nyata kalau itu bisa merugikan. Tapi mau bagaimana lagi, siapa yang punya waktu untuk membaca secara mendetail “Syarat & Ketentuan”?

Hal ini juga bisa diposisikan sebagai sebuah kritik untuk perusahaan-perusahaan yang secara ‘legal’ mencuri data penggunanya. Mereka memanfaatkan celah tidak dibacanya “Syarat & Ketentuan” untuk mengambil data pengguna mereka.

Di sisi lain, episode ini menggambarkan sebuah OTT yang tak mempedulikan batas-batas etika dan norma demi membuat konten. Apakah ini menyindir tempat Black Mirror ditayangkan?

Bisa jadi iya, bisa jadi tidak, who knows?

Kata Kunci yang Kecantol:

  • https://rizalfikry com/review-joan-is-awful/