Layanan ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace sangat membantu para seller online. Merekapasti selalu memutar otak agar bisa menjangkau pelanggan dengan cara paling efektif dan efisien.  Transaksi belanja online dengan sistem bayar di tempat atau COD (Cash on Delivery) menjadi salah satu alternatif paling disukai pembeli. Hal tersebut dianggap paling aman, terutama untuk pembeli-pembeli di media sosial.

Layanan COD tanpa marketplace sebenarnya sudah banyak. Saya sudah pernah me-review beberapa di antaranya seperti KiriminAja dan Tokotalk. Layanan tersebut merupakan penyambung antara seller dan ekspedisi, yang berarti ada biaya yang harus keluar di tengah-tengah.

Apa semua Ekspedisi bisa COD tanpa marketplace?

Untuk teman-teman yang ingin memotong skema tersebut, sebenarnya bisa langsung menggunakan fitur dari penyedia layanan ekspedisi. Saya tidak bisa memastikan apakah semua ekspedisi bisa COD tanpa marketplace, namun beberapa ekspedisi besar memang bisa dengan syarat dan ketentuan masing-masing.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaftar ke ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace. Layanan ekspedisi tersebut adalah JX atau J-Express, atau JDL Express Indonesia. Tips dan informasi ini berdasarkan pengalaman saya yang sempat chat dengan salah satu sales saat bertanya-tanya pas mau mendaftar.

Agar bisa dihubungi sales JX, caranya gampang sekali. Teman-teman hanya perlu melakukan pendaftaran sederhana di halaman resmi JX. Langsung buka saja web resminya dan register. Setelah itu isi data diri, maka beberapa waktu setelahnya pihak JX akan menghubungi teman-teman.

Layanan JX bisa meng-cover COD dan non-COD. Sesuai pengalaman saya, calon pembeli dari FB Marketplace kebanyakan tidak mau mentransfer dan hanya mau COD. Oleh karena itu bagi saya pribadi, layanan JX yang saya gunakan ya hanya COD.

Perhatikan Besaran Biaya COD dan pencairan biaya

JX merupakan ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace dengan biaya COD tergolong ringan, hanya 2%-3%. Sejauh pengetahuan saya, biaya COD di JX tidak ada nilai minimal, jadi bukan gimmick di mana disebut 2% namun dengan minimal biaya COD Rp3.000.

Biaya COD 2% berlaku untuk seller yang menginginkan dana nya cair dua kali per pekan. Untuk yang menghendaki dananya cair tiga kali per pekan, biaya COD sebesar 3%. Biaya COD ini dihitung dari nilai barang dan ongkos kirim ya.

Misal;

Harga barang   :  230.000

Ongkir             :   20.000

Total                :   250.000 *2% : 5.000

Pembayaran COD yang ditagihkan ke pembeli Rp255.000

Saya mau menegaskan sekali lagi, dari penjelasan sales di chat Whatsapp, tidak ada nilai minimal untuk biaya COD. Hal tersebut kemungkinan besar bisa berubah atau tidak, teman-teman harus mempelajarinya sendiri.

Ketiadaan nilai minimal biaya COD ini sungguh membantu para seller dalam berjualan di FB marketplace. Dengan biaya COD yang rendah, ongkos kirim pun tidak terlihat begitu membengkak. Bahkan kalau laba termasuk cukup besar, kita bisa memberi diskon harga biar biaya COD ditanggung seller.

Terkait biaya COD ini teman-teman harus teliti dan memahami secara detail. Karena ada penyedia yang sewaktu-waktu mengubah aturan tanpa kita sadari.

Setelah aturan COD menggunakan JX dijelaskan oleh sales, nantinya pihak JX akan memberikan link pendaftaran. Bahkan kita juga bisa melakukan pendaftaran melalui WA dibantu oleh sales nya.

Ilustrasi Belanja COD
Ilustrasi Belanja COD

Selalu teliti saat menggunakan layanan COD, biar ga rugi

Menurut saya JX sebagai ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace ini cukup bisa direkomendasikan ya. Biaya ongkos kirim JX sejauh ini masih menjadi salah satu yang termurah (pengalaman pribadi, red.).

Nilai plus bagi saya sih mungkin karena kurir-kurir JX di area tempat tinggal saya kinerjanya cukup bagus ya, jadi ada rasa aman tersendiri apabila menggunakan layanan ini. Berbeda area mungkin rasanya juga beda.

Di sini pengalaman saya belum bisa dibilang menyeluruh, karena jujur saja, saya juga memakai aplikasi layanan COD tanpa marketplace. Saya tetap membandingkan ongkos kirim dan biaya COD yang mana yang termurah. Oleh karena itu, teman-teman yang mau menggunakan layanan JX sebagai ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace harus teliti dan cermat.

Oke, mungkin tentang JX segitu dulu teman-teman. Intinya, kalau saya pribadi sih, selama pencairan aman dan tidak ada potongan yang tidak jelas, layanan itu layak dipakai.

Nanti kalau saya ada pengalaman lain terkait ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace, akan saya bagi lagi di sini. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk teman-teman semuanya.

Kata Kunci yang Kecantol:

  • https://rizalfikry com/cod-tanpa-marketplace/