Rambut bagi sebagian besar orang merupakan sebuah aset yang harus dijaga dan dirawat dengan berbagai cara. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah mengubah bentuk rambut sesuai keinginan. Salah satunya smoothing rambut. Smoothing adalah teknik perawatan rambut yang bertujuan untuk meluruskan rambut dan membuatnya memiliki tampilan lebih natural. Nah, tidak semua proses smoothing berhasil sesuai keinginan, apalagi bila dilakukan secara sembarangan. Yuk saling waspada dan mengenali ciri-ciri rambut gagal smoothing.

Smoothing rambut biasa dilakukan dengan menggunakan produk berbahan kimia yang diaplikasikan ke rambut menggunakan flat iron bersuhu tinggi. Proses smoothing harus dilakukan dengan beberapa tahapan, agar hasil maksimal. Meski demikian, masih tetap ada kemungkinan untuk gagal smoothing.

Rambut yang terindikasi gagal smoothing akan mengalami beberapa hal berikut;

Rambut bercabang, kering, dan rusak

Smoothing menggunakan krim yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk mengubah struktur fisik rambut. Bahan kimia tersebut bias memicu rambut menjadi kering dan bercabang. Hal ini harus segera diperbaiki sebelum kerusakan permanen terjadi.

Rambut Mengembang

Pasti ada di antara teman-teman yang mengalami rambut mengembang saat bangun tidur. Nah, bagi rambut yang gagal smoothing, hal itu terjadi secara permanen. Rambut yang sebenarnya akan dibuat lurus malah mengembang layaknya rambut singa.

Rambut Kusam

Bahan kimia saat smoothing bisa mengkikis warna hitam rambut. Hal itu bisa menyebabkan rambut menjadi kusam dan kehilangan kilaunya.

Rambut Rontok dan Mudah Patah

Efek selanjutnya dari rambut menjadi tipis dan kusam adalah rambut mudah patah dan rontok. Hal ini sungguh akan membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk menghindari kegagalan saat smoothing, teman-teman harus menyiapkan tahap perawatan lanjutan pasca-smoothing.

Ilustrasi perempuan di Salon (Photo by Theme Photos on Unsplash)

Kegagalan setelah smoothing seperti yang saya jelaskan di atas tentunya bisa dihindari apabila teman-teman melakukan beberapa hal berikut ini sebelum smoothing

Pilih tempat smoothing yang sudah terbukti kualitasnya. Jangan sampai percaya promo-promo namun tempat smoothing tak berkualitas. Pelajari kandungan-kandungan yang ada di bahan smoothing. Teman-teman bisa browsing di internet terkait bahan-bahan smoothing yang aman dan dianjurkan begitu juga sebaliknya. Teman-teman bisa menanyakan ke petugas salon, bahan apa saja yang dipakai di salon tersebut.

Pilih jenis smoothing yang dirasa paling sedikit efek sampingnya. Teman-teman yang berminat untuk smoothing bisa berkonsultasi dengan petugas salon terkait jenis smoothing, tanyakan informasi mengenai efek samping dan yang paling cocok dengan jenis rambut teman-teman semua.

Setelah melalui pertimbangan-pertimbangan di atas, teman-teman masih harus tetap melakukan perawatan setelah smoothing agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Tahap-tahap perawatan in wajib dikalukan agar ciri-ciri gagal smoothing tak muncul. Apa saja sih tahap perawatan setelah smoothing? Nih simak baik-baik di bawah ini ya;

Lindungi Rambut Sebelum Menggunakan Hair Styling Tool

Rambut yan sudah di- smoothing tidak disarankan diberi hair dryer atau catokan terlalu sering. Hal ini dikhawatirkan akan membuat rambut terlalu kering.  Namun bukan berarti kita dilarang total menggunakan hair dryer setelah melakukan smoothing, hanya saja lebih baik rambut dilindungi sebelum di hair dryer. Salah satu cara melindunginya adalah dengan menggunakan TRESemme Keratin Heat Protect Spray. Keratin dan Marula Oil yang terkandung dalam produk tersebut akan melindungi rambut dari efek panas. Protein-protein rambut yang hilang akan dikembalikan oleh keratin. Dengan perlindungan tersebut, diharapkan rambut akan tetap lembut, berkilau, dan mudah diatur.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Rambut yang sudah di- smoothing tidak disarankan untuk diikat terlalu kencang. Ikatan rambut yang terlalu kencang akan membekas di rambut dan memunculkan bentuk gelombang. Hal tersebut bisa merusak efek smoothing. Apabila teman-teman masih harus mengikat rambut, disarankan menggunakan kain atau jepitan rambut.

Kurangi Menyisir Rambut

Rambut yang baru saja di- smoothing biasanya rentang patah dan rontok. Maka dari itu, teman-teman tidak disarankan untuk terlalu banyak menyisir rambut. Untuk alternatif gunakan sisir yang berjari renggang, atau sekalian atur rambut menggunakan tangan.

Taati Aturan Keramas

Agar obat yang diberikan saat smoothing memiliki efek maksimal, biasanya petugas salon memberikan rentang waktu sebelum teman-teman diperbolehkan keramas. Hal ini bertujuan agal smoothing tidak gagal dan tidak memberi efek samping buruk pada rambut. Biasanya teman-teman baru boleh keramas setelah tiga hari.

Vitamin & Nutrisi

Sebagai perawatan, gunakan vitamin rambut dan nutrisi-nutrisi rambut lainnya. Lebih disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami karena minim efek samping.

Pulihkan Rambut Dengan Sampo yang Cocok

Untuk rambut yang sudah di- smoothing, pemilihan sampo untuk pemakaian rutin cukup penting. Saat sudah diperbolehkan keramas, pastikan teman-teman memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Apabila sebuah merk tidak cocok, jangan malas untuk riset dan menentukan produk lain yang lebih cocok. Karena untuk janga panjang, sampo itu salah satu penolong utama untuk memaksimalkan hasil smoothing dan mempertahankan tampilan alami rambut kita. Untuk kasus pasca- smoothing teman-teman bisa mencoba TRESemme Total Salon Repair.

Itulah tips-tips dari saya bagi teman-teman yang hendak smoothing rambut. Pastikan pilihan teman-teman tidak membuat susah dan menyesal di kemudian hari.

Kata Kunci yang Kecantol:

  • ciri2 smooting tidak jd