Cara menjadi blogger sebenarnya sangatlah mudah. Teman-teman tinggal mendaftar di berbagai platform, baik gratis atau berbayar. Semua bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti saja petunjukknya atau bahkan yang berbayar kita tinggal pesan sesuai keinginan, blog bisa jadi dalam sekejap. Namun, ada banyak pola pikir yang terkadang tak terpikirkan oleh teman-teman sehingga nge-blog tidak bisa lancar, bahkan jauh dari peluang mendapatkan pemasukan atau cuan dari blog. Mengapa ya ini bisa terjadi?

Disclaimer: Artikel ini dibuat bukan untuk menggurui teman-teman yang sedang mencari cara menjadi blogger. Namun lebih ke sharing pengalaman pribadi dan sebagai lahan pembelajaran bagi saya sendiri. Apa yang saya bagikan di sini merupakan pengalaman pribadi saya nge-blog sejak 2009.

Blog atau website merupakan halaman online yang bisa diisi dengan berbagai konten sesuai keinginan pengelolanya. Seperti sebuah toko, apabila ramai pengunjung, maka toko tersebut akan membuka peluang bisnis. Secara sederhana, seperti itulah teori blog yang bisa menghasilkan cuan. Kita harus membangun blog agar ramai pengunjung, memiliki review positif di mesin pencari. Untuk melakukan itu semua, kita harus menanaman pola pikir mendasar cara menjadi blogger, apa saja sih?

Ilustrasi Traffic Blog Photo by Justin Morgan on Unsplash
  • Nge-Blog Tidak Bisa Instan

Perlu ditanamkan sejak awal di pikiran kita semua, nge-blog itu tidak bisa instan. Blog yang baru kita buat perlu diisi agar mampu menarik pengunjung dan mampu diindeks mesin pencari. Dua hal tersebut memerlukan proses yang masing-masing individunya tidak akan sama.

Dahulu, waktu masih kuliah, banyak teman-teman saya meminta bantuan untuk diajari cara membuat blog. Waktu itu ada di antara mereka yang membangun blog nya  hingga lebih keren dari punya saya, namun tak sedikit yang tumbang di momen-momen awal membangun blog.

Sebagian besar dari mereka yang tumbang tidak bisa mengikuti proses panjang agar blog mendapatkan traffic. Namanya seleksi alam, maklum saja.

  • Tentukan Tujuan & Fokus

Memiliki tujuan saat nge-blog menurut saya adalah hal yang wajib dan mutlak. Tujuan itu harus dipegang teguh sejak awal dan sebisa mungkin jangan diganti-ganti. Tujuan  dalam nge-blog akan membuat kita fokus dan menjalani berbagai tahap agar tujuan tersebut tercapai.

Balik ke zaman-zaman kuliah, saya tak pernah mempertanyakan atau menyinggung tentang tujuan teman-teman saat bertanya kepada saya tentang cara menjadi blogger. Mungkin dahulu saya belum menganggap hal itu penting. Ternyata saya salah. Teman-teman yang tumbang di awal adalah mereka yang belum menetapkan tujuan saat akan nge-blog.

Tujuan nge-blog sangatlah beragam. Saya pribadi dulu nge-blog karena saya butuh platform untuk menulis. Saya ingin mempublikasikan tulisan dan pemikiran. Hal itu saya pertahankan sampai sekarang. Namun, tujuan itu bukannya tidak boleh berubah, semakin dewasa saya sadar dengan potensi blog untuk menambah pendapatan. Oleh karena itu saya juga menggunakan blog ini untuk menghasilkan uang. Bahkan kita bisa membuat lebih dari satu blog apabila dibutuhkan.

  • Rutin

Saat kita memutuskan untuk menjadi blogger, maka kita harus siap untuk rutin merawat dan mengisi blog kita. Blog yang sudah lama ada, namun tidak diberi konten sama sekali, tidak dioptimasi, ya sama saja sebuah bangunan kosong. Tidak bermanfaat. Oleh karena itu, kita harus rutin mengisi blog kita. Mulai bentuk manajemen untuk mengisi blog kita. Luangkan waktu dan tenaga untuk rutin mengisi blog.

  • Komunitas Itu Penting

Nge-blog merupakan hal yang tidak ada di pendidikan formal. Meski sekarang sudah banyak training untuk nge-blog, namun menurut saya tidak ada ilmu pasti yang bisa membuat kita pasti sukses nge-blog. Oleh karena itu, menurut saya komunitas sesama blogger adalah hal yang sangat penting. Tidak bisa dipungkiri, saya menyesal karena dahulu saya tidak aktif di komunitas blogger. Untuk zaman sekarang, karena kemajuan teknologi digital, komunitas blogger muncul dalam bentuk grup-grup Whatsapp atau Telegram. Hal tersebut juga penting dan bagus untuk menambah ilmu tentang nge-blog.

  • Sharing is Caring

Sharing is caring di sini yang saya maksud adalah berbagi. Masih berhubungan dengan komunitas, ngeā€“blog itu akan lebih menyenangkan kalau dijalani dengan berbagi informasi dengan sesama blogger. Melalui pola pikir tersebut, kita akan semakin mudah menemukan solusi dari setiap permasalahan. Sekarang semuanya lebih gampang, bisa curhat di grup whatsapp, nanti dibantu banyak blogger senior. Kalau lebih beruntung malah bisa dapat kerjaan dari grup Whatsapp.

  • Promosi

Seperti membuka sebuah bisnis baru, terhadap blog, kita juga perlu promosi. Buat agar orang-orang tahu kalau kita mempunyai blog. Tak harus promosi berbayar, sekarang kita bisa memaksimalkan media sosial agar blog kita dikenal orang banyak. Setidaknya circle kita di media sosial mengetahuinya.

  • Persona

Setelah melakukan promosi, agar lebih maksimal lagi, sebagai blogger kita harus memiliki persona. Kita ingin dikenal orang sebagai blogger seperti apa. Hal ini bisa dihubungkan dengan niche atau tema blog, gaya penulisan, hingga template blog yang dipakai.

Misalnya seorang blogger mengisi blog nya dengan tips-tips semua kategori. Ia bisa dikenal sebagai blogger tips. Kemudian ada blogger lain yang memiliki template blog yang sangat unik, ia bisa dikenal luas dengan persona templae unik tersebut. Hal itu penting untuk membedakan blog kita dengan blog lainnya.

  • SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah hal penting dalam membangun blog. Ilmu tentang hal ini sangat luas dan dinamis. Bisa berubah sesuai kondisi mesin pencari. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi seorang blogger untuk selalu belajar tentang SEO.

  • Rasa Penasaran

Sebagai seorang content creator, blogger harus memiliki rasa penasaran yang tinggi. Hal itu diperlukan untuk mempertahankan kualitas konten yang akan kita bikin. Rasa penasaran akan memunculkan kreativitas, sehingga konten yang dibuat akan terus menarik pembaca.

  • Niat Untuk Berbagi

Salah satu motivasi paling mudah untuk terus nge-blog adalah niat untuk berbagi. Kalau niat kita untuk berbagi sangat besar, maka kita akan terus berusaha mencari tema untuk blog yang tentunya kalau diproduksi akan membuat pembaca mendapat manfaat.

  • Statistik

Menurut saya, untuk teman-teman blogger pemula, statistik belum terlalu penting. Kedisiplinan dan rutinitas mengisi konten merupakan hal yang lebih penting. Namun di titik tertentu, statistik juga akan menjadi penting seperti konten dalam blog itu sendiri. Apabila teman-teman sudah merasa konten blog cukup untuk dianggap sebagai blog, maka mulailah memperhatikan statistik. Domain Authority, Page Authority, Alexa, dan statistik lainnya harus diperhatikan agar calon klien tertarik dengan blog teman-teman.

Itulah sebelas pola pikir yang menurut saya bisa diterapkan agar mampu bertahan dalam perjuangan membangun blog. Semakin tekun kita membangun blog, bukan tidak mungkin di satu titik, blog teman-teman bisa menjadi mesin penghasil cuan.