Anjing ras atau ras anjing merupakan jenis-jenis anjing yang dibiakkan khusus agar keturunannya memiliki setidaknya 75% atau lebih dari ciri-ciri sebuah ras anjing. Hal inilah yang membedakan anjing ras dengan anjing kampung pada umumnya. Anjing ras masih terjaga garis keturunannya.  Misalnya, anjing ras Greyhound hanya akan dikawinkan dengan sesama Greyhound.

Anjing merupakan salah satu peliharaan yang paling populer di dunia ini. Anjing dikenal sebagai hewan yang penurut, penyayang, dan setia. Tak hanya itu saja, anjing juga merupakan hewan yang bisa dilatih, sehingga memelihara anjing punya nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan memelihara hewan lain.

Seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak ras anjing yang diketahui dan dibiakkan di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak dog breeder yang mempu membiakkan anjing ras berbagai macam.

Meski demikian, masing-masing ras memiliki karakter dan sifatnya masing-masing. Bagi kamu yang sedang mencari anjing untuk dipelihara, berikut ini deretan ras anjing yang mudah berkawan dengan manusia;

Anjing Ras Golden Retriever
Anjing Ras Golden Retriever Photo by Taylor Sondgeroth on Unsplash

Anjing Ras yang Mudah Berkawan dengan Manusia

  1. Anjing Ras Pudel

Anjing pudel adalah salah satu keturunan anjing yang sudah sejak lama menjadi peliharaan manusia. Pudel merupakan ras anjing kecil yang cocok untuk dipelihara bagi kamu yang tinggal di apartemen atau di rumah yang tidak terlalu luas.

Biasanya anjing ras pudel memiliki sifat penyayang. Anjing pudel bisa menjadi teman yang baik, pudel juga bisa menjadi anjing penjaga yang baik dan dikenal mampu membedakan emosi pemiliknya hanya dengan intonasi suara.

  1. Golden Retriever

Anjing Golden Retriever merupakan jenis anjing yang sangat cocok dipelihara sejak masih bayi. Anjing ini dikenal memiliki sifat ceria, penyayang, dan ramah. Golden retriever dikenal mudah untuk dilatih dan bisa setia pada satu pemilik untuk jangka waktu yang sangat lama.

Golden retriever merupakan anjing peliharaan yang populer karena bisa dibilang cukup sering bermain di film-film hollywood.

  1. Anjing Ras Beagle

Bagi kamu yang suka dengan anjing kecil, maka beagle bisa menjadi pilihan untuk peliharaanmu di rumah. Anjing beagle merupakan ras anjing terkecil dari jenis anjing pemburu.

Anjing beagle biasanya setia kawan, dan termasuk jenis yang bisa berdampingan atau bersahabat dengan jenis hewan lain. Anjing ini termasuk cukup vokal saat bermain atau berburu. Anjing beagle bisa hidup selama 12 hingga 15 tahun.

  1. Anjing Ras Siberian Husky

Anjing jenis Siberian Husky ini sempat viral di Indonesia karena penampilannya yang eksotis dan unik. Siberian Husky merupakan anjing yang berbulu tebal. Meski tampilannya mirip serigala, Siberian Husky termasuk anjing yang ramah dan penurut.

Siberian Husky termasuk anjing yang keras kepala dan susah untuk dilatih. Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya melatih Siberian Husky menggunakan bantuan profesional.

  1. Anjing Lokal

Apabila ras anjing yang sudah disebutkan di atas masih termasuk mahal atau susah dipelihara, maka tak ada salahnya kamu memilih anjing lokal. Anjing lokal ini merupakan anjing jenis campuran yang memang sudah susah dirunut berasal dari ras apa saja. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi sifat setia dan kelucuan anjing saat dipelihara.

Dalam banyak kasus, anjing lokal yang dirawat dengan baik bisa menjadi sangat berkualitas dan anak-anaknya pun berkualitas. Oleh karena itu kamu tak perlu ragu untuk memelihara anjing lokal.

Itulah rekomendasi ras anjing yang bisa kamu pilih apabila ingin memelihara anjing. Apabila kamu sedang mencari anjing peliharaan namun merasa kesulitan untuk mendapatkan tempat atau breeder yang cocok, kamu bisa mencoba ikut program Hibah Anjing.  Melalui program tersebut kamu bisa bertemu dengan pemelihara atau breeder anjing yang sedang open adopt.

Biasanya anjing yang diikutkan dalam hibah anjing adalah yang sudah siap dipelihara oleh para pemula.