Assalamualaikum
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit menyinggung mengenai menjaga pandangan, walaupun hal ini sepele tetapi efeknya besar. Usahakan puasa kita tidak tercoreng hanya karena mata kita salah belok ke sisi yang tidak seharusnya :D
 
 
Menjaga mata dari pandangan yang tidak seharusnya ialah perintah ALLAH, apalagi di bulan suci ramadhan menjaga mata menjadi salah satu usaha untuk menahan nafsu kita. Hal ini perlu sedikit perhatian, karena menurut pengalaman pribadi hal ini sedikit sekali mendapat perhatian dari kalangan anak muda, puasa-puasa nggodain ceweknya tetep, puasa-puasa diem-diem matanya masih jelalatan ke paha-paha :D yang punya paha seharusnya sadar juga donk woiii!!
 
Berkata Al-‘Ala’ bin Ziyad, “Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorangwanita. Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati”

 

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya,”(QS. An Nuur: 30-31)

Sebenarnya kita semua tahu akibat dari mengumbar pandangan, tetapi seringnya manusia itu menggampangkan, ‘ahh cuman dikit..’ sehingga sering sekali melakukan hal itu tanpa sedikit pun rasa bersalah Astaghfirullahaladzim .
 
Untuk pembelajaran bersama, marilah mulai dari sekarang berniat untuk lebih menjaga pandangan, lebih menundukkan  pandangan :D
 
Bismillahirohmanirrohim