Saat Relationship Goals Digambarkan oleh MR. J & Harley Quinn #EfekSuicideSquad

Bicara mengenai Mr. J atau The Joker, musuh bebuyutan Batman, karakter fiktif dari DC Comics, pastilah banyak sekali sisi unik yang bisa dibahas, tapi bagaimana jika sisi unik itu mengenai hubungan cinta The Joker dangan Harley Quinn? Se-romantis apa hingga di artikel ini saya menyebut keduanya menggambarkan relationship goals? Mereka itu brutally romantic.

Saya bukan anak yang besar dengan komik-komik DC, jadi sebenarnya saya tidak begitu paham dengan transformasi karakteristik The Joker atau Harley Quinn dari komik ke komik. Akan tetapi, setidaknya saya lumayan sering baca wiki-wiki tentang keduanya, dan ada referensi tontonan dari film-film animasi DC tentang keduanya.

Dan iya, karena film Suicide Squad, bayangan mainstream tentang keduanya pecah belah, haha

The Joker (selanjutnya akan disebut MR J) tak seperti gambaran mainstreamnya yang seorang Master of Menace. Seorang yang tidak memikirkan apa-apa selain menyusun rencana jahat, mengacaukan kota, atau kegiatan jahat lainnya. Di film tersebut MR J (diperankan oleh Jared Leto) lebih digambarkan sebagai bos gangster besar dengan anak buah dan akses yang sepertinya tak terbatas. Selain itu, yang paling spesial, MR J tampil jadi pria romantis yang sejauh ini digambarkan sangat bertanggung jawab.

HQ memeriksa MR J

HQ memeriksa MR J | pict source: Warner Bros.

Berbeda dengan MR J yang sudah sering muncul di versi live-action, film ini merupakan kali pertama Harley Quinn (selanjutnya disebut HQ) di hidupkan. Aktris muda populer bernama lengkap Margot Elise Robbie mendapat kehormatan untuk menghidupkan karakter tersebut. HQ memiliki nama asli Dr. Harleen Frances Quinzel, ia adalah tenaga medis di rumah sakit jiwa Arkham Asylum yang berniat untuk mempelajari MR J tapi malah jatuh cinta dan menjadi salah satu sidekick dan orang terdekat MR J.

Dalam beberapa referensi dan film animasi, keduanya memang menjalin hubungan percintaan, tapi semuanya digambarkan sebagai hubungan yang kompleks. MR J digambarkan sebagai sosok yang abusive, tidak mau terlalu dekat dengan HQ, tapi cemburu jika HQ dekat dengan pria lain. Di sisi lain HQ adalah wanita tangguh yang sangat bisa menghabisi MR J tapi tidak pernah benar-benar mampu melakukannya.

Di film Suicide Squad hal itu belum ada, keduanya lebih digambarkan sebagai love birds, dua orang yang tidak bisa hidup tanpa satu sama lain. MR J dengan mudahnya membunuh orang yang tanpa niat apa-apa berkomentar tentang diri HQ, di sisi lain HQ percaya dengan sepenuh hati MR J akan melakukan apapun untuk menyelamatkannya… and yeah, of course he did.

Merujuk ke pernyataan awal saya bahwa MR J yang diperankan oleh Jared Leto ini belum digambarkan sebagai Master of Menace seperti yang sudah-sudah. Hal inilah yang membuatnya sangat menarik. MR J muncul hanya sebagai pria yang ingin selalu bersama kekasihnya.

Dalam tiap scene yang memunculkan MR J, pastilah fokus yang dibahas adalah HQ. MR J digambarkan sebagai pria yang tidak banyak omong, tapi langsung aksi yang menunjukkan loyalitasnya pada suatu hal. Di sisi lain, HQ pun menunjukkan hal yang sama. Tanpa banyak komunikasi, ia percaya dengan apa yang diperintahkan oleh MR J meskipun nyawa menjadi taruhannya.

Gambaran seperti itulah yang belum ada di aksi MR J sebelum-sebelumnya. MR J bukanlah manusia yang ‘pikirannya rusak’ sehingga mendedikasikan dirinya hanya untuk melakukan kejahatan dengan latar belakang filosifis yang dalam. Dia tetap manusia biasa yang mampu merasakan cinta, galau, sedih, dan semacamnya. Well done, David Ayer!!

Wanita mana sih yang ga mau diperjuangkan kayak MR J memperjuangkan HQ? Pria mana sih yang ga mau dipercaya kayak HQ percaya sama MR J? Gilak mereka itu romantis, They do whatever it cost to be together. They brutally romantics.

Ah, tapi jangan senang dulu. Hubungan keduanya merupakan salah satu hubungan paling komplek dan tidak menentu yang pernah dikisahkan dalam komik. Jadi, jikalau franchise ini jalan terus dan MR J serta HQ masuk dalam skenario besar ceritanya, kita tunggu saja saat keduanya berusaha saling bunuh.

HQ dan MR J keluar dari acid.

HQ dan MR J keluar dari acid.

LEBIH BAIK MANA, VERSI JARED LETO ATAU HEATH LEDGER?

Tak bisa dipungkiri, akan banyak orang membandingkan MR J versi keduanya. Is that really necessary ya guys? Tujuan kalian apa dengan mengajukan pertanyaan seperti itu? Trus kalau udah ada jawabannya mau apa? They both fictive and came from two different franchises with two different purposes. I do adore both of them, no one is better than another, two of them are best.

Saya pernah membaca sebuah artikel tentang petinggi DC atau Warner Bros. yang memberi penjelasan mengenai kenapa bukan Batman versi Christopher Nolan yang dijadikan lanjutan dari DC Extended Universe (dibuat satu alam dengan film Man of Steel)?

Secara umum jawabannya adalah karena Batman versi Christopher Nolan itu terjadi di alternate universe. Teori ini tentunya sudah familiar bagi para pemerhati cerita superhero baik DC atau Marvel. Dengan hal ini para penulis cerita bisa dengan mudah mengubah tampilan, karakteristik, hingga plot utama sebuah cerita, tanpa terikat dengan cerita lainnya, meskipun menampilkan tokoh yang sama.

Jadi tak usahlah membanding-bandingkan, toh kalian bukan kreator atau orang yang terlibat di dalam produksinya. Yo ra?

Kata Kunci yang Kecantol:

  • kisah cinta joker dan harley quinn

3 comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.