Tag: Tausiyah Ramadhan 1434 H

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#19 Kembali Mendengarkan

 

Assalamualaikum…
 
Astagfhirullahaladzim, bolos sehari postingnya :D
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit berbagi tentang pengalaman, sebuah pengalaman tentang mendengarkan :D
 
Kita dapati beberapa diantara kita, sebagai contohnya saya, di awal bulan ramadhan sangat bersemangat untuk ke masjid sholat berjamaah dan diikuti dengan mendengarkan tausiyah singkat plus sholat tarawih. Kegiatan itu berjalan beberapa saat sampai akhirnya menurun dan terus menurun, bisa dikatakan sekarang sudah jarang mendengarkan tausiyah singkat, al hasil sholat tarawih juga tak ikut :D , dalam hati kecil sedikit berteriak ‘kok bisa ya aku kayak gini’ . Kalo inget orang yang rela ngeluarin tenaga dan emosi cuman buat marahin aku pas ndak ikut sholat tarawih, Astahfirullah…… …

#13 Menjaga Pandangan

  Assalamualaikum Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit menyinggung mengenai menjaga pandangan, walaupun hal ini sepele tetapi efeknya besar. Usahakan puasa kita tidak tercoreng hanya karena mata kita salah belok ke sisi yang tidak seharusnya :D  Menjaga mata dari pandangan yang tidak seharusnya ialah perintah ALLAH, apalagi di bulan suci ramadhan menjaga mata menjadi salah…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#12 Esensi Buber

 

 

Assakamualaikum, ketemu lagi sama Tausiyah Ramadhan 1434 H
 
Bulan puasa seperti ini, kegiatan buber, atu buka bersama hampir setiap hari ada, orang-orang bersama keluarga, bersama komunitas, teman kerja, teman kuliah, teman organisasi sering mengadakan buka bersama. Berkumpul bersama menyantap hidangan buka puasa baik di restoran ataupun di pinggir-pinggir jalan. Kemarin ada teman saya yang bilang bahwa dia tidak suka buber-buber kayak khalayak umum, karena dia melihat nya seperti hanyalah hal yang sedikit hedon dan menyia-nyiakan waktu “kalo buber itu mesti sholat mahgribnya telat” ungkap temanku itu.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#11 Mengatur Waktu

 

Assalamualaikum
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H udah masuk ke hari yang ke-11, tak terasa kan?  Udah pada semakin rutin belum ya ibadahnya? apa masih fluktuatif?
 
Pada kesempatan kali ini akan sedikit di bahas mengenai management waktu, atau pengaturan waktu, kenapa pengaturan waktu? karena hal ini berhubungan dengan rutinitas ibadah kita di bulan suci ramadhan ini. Diharapkan jika pengaturan waktu sudah baik bisa menghasilkan rutinitas ibadah yang baik pula. Di hari yang ke-11 ini diharapkan kita semua sudah mempunyai rutinitas ibadah lebih baik dari sebelumnya. InsyaALLAH.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#10 Tahan Emosi

 

Assalamualaikum
 
Tak terasa sudah hari ke sepuluh, sudah 1/3 ramadhan hampir terlalui, apa kita sudah merasa lebih baik? InsyaALLAH. Pada Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini saya ingin cerita lagi.
 
Ada sepasang suami istri yang sedang berbelanja beberapa pakaian di pasar grosir tradisional semacam pasar klewer, kegiatan ini tentunya inisiatif sang istri karena ingin beberapa busana untuk menyambut hari raya Iedul Fitri, Sang suami mengikutinya dari belakang, menyusuri lorong-lorong pasar yang ternyata sudah ramai, dengan cekatan Sang Istri memilih dan memilah baju yang dinginkannya, Sang suami hanya setia menemani di belakang tanpa menunjukkan rasa ketertarikkan sedikit pun, walaupun sejatinya Sang suami ikhlas menemani. …

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#9 Luruskan Niat

 
Assalamualaikum, tak terasa sudah di hari yang ke sembilan, ada juga sebagian yang sudah menginjak hari kesepuluh *tak masalah*
 
Pada kesempatan kali ini Tausiyah Ramadhan 1434 H akan sedikit membahas mengenai luruskan niat. Niat ialah awal dari segala amalan, niat ialah landasan saat kita ingin melakukan sesuatu, seperti saat kita mengerjakan ujian dengan niat agar bisa lulus dalam sebuah mata kuliah. Niat yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, niat buruk mungkin juga akan membawa keburukan.
 
Persoalannya disini bagaimana caranya agar semua amalan kita, disertai dengan niat yang lurus dan tulus, bukan dengan niatan semu duniawi yang merusak amalan kita?…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#8 Alhamdulillah Selalu

 

Assalamualaikum
 
Selamat pagi, jumpa lagi dengan Tausiyah Ramadhan 1434 H, kabar baik.. hari ini temen ku ada yang ada hajat, bukan sih bukan nikah, pagi-pagi di bulan puasa nikah sepertinya kurang pas, walau ndak di larang sih,, salah satu temen ku pagi ini bakalan di uji skripsinya oleh dewan penguji, bahasa kerennya pendadaran, alhamdulillah perjuangan menulis yang memeras keringat menemui titik temunya dengan dewan pembimbing yang nantinya akan membawa ke gerbang kelulusan.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#6 Bukan Untuk Merasa Paling Benar

 
Assalamualaikum…
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H berlanjut di hari ke-enam… Bismillahirohmanirrohim ada sedikit cerita nih.
 
Cerita tentang anak muda yang pergi ke masjid dan dia mendengarkan tausiyah setelah sholat isya’, saat bapak penceramah menyampaikan ilmu dan dia mendengarkan dengan khidmat, otak anak muda itu mulai berputar dan mengeluarkan pernyataan “Pak Ustad iki materi tausiyah nya ketinggian, terlalu muluk-muluk” sampe akhirnya tausiyah malam itu selesai. Esok harinya di waktu shubuh, pemuda itu kembali mendengarkan tausiyah shubuh, dan kali ini yang jadi penceramah Pak Ustad yang biasanya jadi imam bacannya panjang-panjang, seperti kejadian sebelumnya pemuda ini kembali mengeluarkan penyataan dalam hati “Iki pembukaan tausiyah kok bertele-tele sampe 15 menit” akhirnya pemuda itu pulang tak menunggu tausiyah ditutup, beberapa kali kejadian itu terulang sang pemuda tak pernah selesei mengkritisi apa yang sedang ada di mimbar masjid, dia selalu mengevaluasi dengan poin-poin yang sebenarnya tidak perlu :D

tausiyah ramadhan 1434 h

#4 Ramadhan yang sehat

Assalamualaikum
 
Apa kabar teman-teman semua di hari ke-4 Ramadhan ini? InsyaALLAH baik-baik saja kan?
Tausiyah Ramadhan 1434 H  kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang bertajuk kesehatan, walaupun saya bukan dokter tak ada salahnya kalo berbagi mengenai kesehatan, asalkan hal itu tidak ngawur dan tidak ngasal. :D
 
Info ini saya dapatkan dari sebuah situs informasi berita yang lumayan besar, biasa dipanggil Yahoo nyess, apa tulisan benernya Yahoo News.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#2 Keutamaan Bulan Ramadhan

Assalamualaikum…
 
Pada kesempatan Tausiyah Ramadhan 1434 H kedua ini, saya mencoba menekankan tentang keutamaan Bulan Ramadhan, perhatikan Keutamaan bulannya…..
 
Yang Pertama,,, Bulan Ramadhan hanya diperuntukkan untuk Kaum Nabi Muhammad SAW, belum ada untuk Nabi dan Rasul sebelumnya, oleh karena itu kita patut bersyukur telah di takdir kan menjadi kaum Nabi Muhammad SAW, ditakdirkan bertemu dengan bulan penuh berkah yang dinamakan Ramadhan. Seperti telah dibahas sebelumnya di bulan ini semua dosa mendapatkan Diskon, tapi hati-hati ya diskon dimaksudkan agar kita tidak mengulangi dan menjauhi dosa, bukan untuk menggampangkan dosa, Allah Maha Pemurah, Allah Maha Menguasai.…