Selamat Berpuasa

Kamis 18 Juni 2015 ditetapkan oleh kementrian keagamaan Republik Indonesia (melalui sidang Isbat, red.) sebagai tanggal 1 Ramadhan 1436 Hijriah. Berarti hal ini menunjukkan jika kamis ini aku, kamu, dan semua umat Islam di dunia akan memulai ibadah puasa. *eh maaf ralat* Aku, kamu dan semua umat Islam yang niat puasa, akan memulai menjalankan ibadah puasa.  Sepertinya ndak usah aku jelasin ya mengenai ayat-ayat yang memerintahkan umat Islam menjalankan puasa, ayat itu udah sering diulang-ulang sama ustadz dan ustadzah tiap seminggu sebelum bulan ramadhan datang, jadi pastinya kalian udah pernah denger lah barang sekali seumur hidup atau pas pelajaran agama di sekolah dasar.

Beberapa tahun terakhir di jaman yang sudah serba digital, momen-momen seperti ini mesti bikin kalian-kalian yang gabisa hidup tanpa smartphone jadi rajin update gambar-gambar ucapan selamat menunaikan ibadah puasa, ato sekedar basa basi minta maaf. Yah, aktivitas seperti itu sudah menjadi barang yang biasa, bahkan jika kalian berada di lingkungan teman-teman offline yang semuanya secara online ngasih ucapan ‘selamat puasa’ jadinya kayak harus saling nge-love atau nge-like ato komen, kayak ibu-ibu kampung sebelah yang ngerasa nyumbang pas kondangan biar someday hajatannya dia juga disumbang.

Hal-hal kayak di atas yang mebuat timeline jaman sekarang ga se-murni jaman dulu. Teserah mau dibilang ini cuman skeptisnya aku atau gimana, tapi bener kan? ada ngerasa yang jadi kayak ibu-ibu kondangan kan? Tapi overall gapapa, toh namanya juga sosial media. Kalau mau eksis yang bikin rame aja.

Selain fenomena ucapan puasa, sekarang juga sering muncul meme-meme soal puasa. Target utamanya para jomblowan dan jomblowati, tapi lebih kena ke cowok kayaknya. Semisal ‘Puasa tahun ini fix belum ada istri, calon pun belum tak ada’. Nah, kayak gini ini biasanya diunggah mereka yang baru aja nikah, atau yang udah pacaran lama, atau benar-benar jomblo. Ga percaya? Aku kasih analisanya ya.

Buat yang baru aja nikah, mereka kaget sama situasi barunya, kayak berasa kangen sama situasi semasa jomblo atau lagi pacaran, pas mereka masih bisa keluyuran saat sahur, buka puasa juga seadanya aja ga masalah, malah buka puasa telat sejam ya gapapa, yang penting makan. Nah, kalo pasangan baru nikah mah, harus nurut sama istri, makan seadanya, buka puasa teratur, bahkan diatur, semi formal hingga formal. Jadi ngupload meme-meme itu buat ngehibur diri sendiri.

Bagi yang udah lama pacaran, orang-orang kayak gini butuh tantangan baru, bertahun-tahun udah kayak gitu, agenda rutin bulan ramadhan, buber sama pacar, buber sama pacar dan temen-temen pacar, abis itu sahur on the road sama pacar, sahur on the road sama pacar dan temen-temen pacar, udah kayak gitu diulang-ulang, makanya di sela-sela waktu senggang mereka upload meme buat ngejek diri sendiri, trus ketawa sendiri.

Buat yang jomblo aku mah simpel aja, upload meme biar dikira setrong.

Yaudahlah ya, udah ngaconya, kalian yang baca dari awal sampe akhir ya, kelian selo banget idupnya, cincing lengen gek umbah-umbah kono, bantu-bantu ibu, jadi anak yang bermanfaat….

Semoga Ramadhan kalian pernuh berkah. Ramadhan penuh berkah.

1 comment

  1. Wasiun Mika - Reply

    Akhirnya tibalah saatnya kini saya mengucapkan:
    Taqabbalallaahu minnaa wa minkum
    Selamat hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon maaf lahir batin.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.