#3 Ramadhan Proses Penempaan

Assalamualaikum

Puasa kita masuk di hari yang ketiga, Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit membahas tentang esensi penempaan diri di bulan ramadhan.

Penempaan diri di bulan ramadhan bisa menjadi bentukan awal untuk pribadi masing-masing kita di bulan-bulan selanjutnya. Banyak penceramah bilang, kalo inilah saat yang tempat untuk membentuk pribadi yang lebih baik dan lebih islami. Allah SWT memberi kemudahan untuk mendekatkan diri padaNYA di bulan suci ini, pintu menimba pahala terbuka lebar, anjuran untuk beribadah berkumandang dimana-mana.

Ada diantara kita yang keadaan kehidupan sehari-hari nya lebih tertata, dalam artian kondisi sosial masayarakat dan keluarga kita sudah bisa disebut dengan kondisi keluarga dan masyarakat yang islami, bulan ramadhan akan otomatis merubah kegiatan kita dan kelakuan kita agar lebih mendekatkan diri kepada ALLAH, dan insyaALLAH kondisi yang tertata seperti itu akan menjadikan semuanya lebih mudah, akan ada pengingatan dimana-mana.

Tetapi jika kondisi masyarakat dan keluarga sedikit berbeda dari yang disebutkan diatas, hal ini akan menjadi sesuatu yang sedikit lebih berat, berat disini bukannya susah, kalo bicara susah ga akan selesai. Hanya saja perbedaan kondisi ini cobaan bagi individu di dalamnya.

Jika kita ingin benar-benar mendapat berkah di bulan ini, bagaimanapun kondisinya, niatkan pribadi dari diri sendiri, semua kuncinya ada di diri kita. Jangan sampai alasan karena tidak ada yang mengingatkan, atau tidak ada teman atau saudara yang beribadah kepada ALLAH.

Jadi mari bersama-sama kita gunakan bulan ini untuk menempa pribadi masing-masing dari kita, menjadikan kegiatan lebih bermakna dan bermanfaat, menjadikan semuanya bernilai ibadah, menjadikan ini awal dari perubahan. Bismillahirohmanirrohim.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.