Pusingnya [Pengguna] Sosial Media Karena Serangan Paris

Sama-sama diketahui, baru saja, Jumat (13/11) waktu Paris telah terjadi serangkaian serangan teror di berbagai tempat yang berupa penembakan dan bom bunuh diri. Well, saya ga akan ngejelasin detail serangannya karena ini bukan website berita internasional. Saya cuman ingin sharing aja soal efek kejadian ini di sosial media, terutama yang terjadi di news feed Facebook.

Beberapa saat setelah menyebarnya berita serangan tersebut pastilah di sosial media muncul berbagai arus solidaritas, mulai dari foto, notes, status, tagar khusus, hingga display picture. Nah, khusus untuk display pictures (DP), Facebook ternyata merilis DP generator khusus untuk mengutarakan simpati para pengguna facebook terhadap kejadian teror di Paris. What the heck!! above all those tales about imperialism, capitalism, pro-jews, dan lain-lain itu haknya Facebook sebagai media untuk bikin fitur apa kan ya? – Selama masih jadi konsumen gausah mbicarain kayak gitu deh.

Hal yang bikin saya merasa aneh adalah, setelah menjamurnya mengguna DP generator berbendera Prancis tersebut. Banyak yang nyinyir, katanya ga adil sama negara lain yang juga pernah kena teror, bahkan hal ini dikaitkan dengan sikap Facebook yang dianggap seperti tak memihak pada korban teror lain di Beirut, Lebanon yang juga terjadi belum lama ini.

Come on Man,,,, sekali bisnis tetap bisnis, dipikir itu DP generator murni rasa simpati? Apa ga pernah ada yang mbayangin kalau itu hasil rapat tim kreatif FB beberapa saat setelah topik serangan Paris menjadi trending topik dunia. Apa ga pernah ada yang mikir kalau itu dilakukan demi target-target perusahaan?

Barisan yang nyinyir tentang DP generatornya FB itu apa ya ndak mikir, kalao nyinyirnya itu bakalan bikin hal itu semakin terkenal. Hanya butuh waktu beberapa jam DP generator itu viral, mengglobal, bahkan digunakan oleh pengguna Facebook di seantero dunia.

Satu-satunya fungsi nyinyir kalian itu adalah, menghasilkan nyinyir-nyinyir yang lain yang bahkan lebih tak masuk akal lagi. Ada juga yang nyinyir kalo dan menghubungkan ganti DP kali ini dengan kasus Asap yang belum lama ini ramai diperbincangkan di sosial media.

Nah, trus kondisi ini bisa dipastikan sebuah ladang bagus bagi yang mau nyebar gambar-gambar quote dan note yang religius, pastilah ikut viral, selama masih nyentuh soal DP sama serangan Paris. Parahnya lagi, konten-konten tersebut kemudian di share dengan tambahan-tambahan nyinyir, seolah-olah yang nge-saher itu paling bener. Fak tenan!!!

Sudahlah teman, jangan jadikan sosial media kalian sebagai lahan subur untuk isu-isu yang sengaja diarahkan oleh para penggerak media ini. Bersikaplah biasa aja, prihatin boleh tak usah ikut-ikut menduga-duga hal yang belum kalian ketahui kebenarannya. Apalagi nyinyir cuman gegara DP.

Waktunya rasa bela sungkawa diungkapkan dengan cara-cara sebagai mana mestinya. Tak harus, dan lebih baik hindari sosial media. Trus apa gunanya sosial media? ya gunakanlah untuk hal lain yang lebih bijaksana. Share resep masakan mungkin, haha.

Nah, akhirnya kalian habiskan 3 menit waktu di hidup kalian mbaca tulisan nyinyir ini. Trus apa bedanya saya sama mereka? Gue nge-blog men. Semoga bermanfaat.

2 comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.