Ga Sembarangan! Begini Penggunaan Lampu Jauh Pada Motor

Pengalaman berkendara pasti akan selalu menarik untuk diceritakan. Saya beberapa pekan terakhir lebih banyak menghabiskan hidup di jalanan. Jarak tempat kerja yang cukup jauh dari rumah menjadi alasan utama.

FYI, saya pulang pergi kerja lintas provinsi. Saya melewati daerah Brebes yang masih Jawa Tengah ke Cirebon yang sudah masuk Jawa Barat.

Seperti kebanyakan perbatasan, yes, minim sekali pengawasan di sini. Pembalap-pembalap tanpa helm acap kali ditemukan. Tak hanya itu, motor tanpa pelat nomor pun jadi akrab dipandangan. Pemotor seenaknya pun sudah jadi sahabat.

Nah, yang ingin saya bahas di sini adalah pemotor-pemotor yang seenaknya menggunakan lampu jauh di malam hari. Sebenarnya bagaimana sih penggunaan lampu jauh baik pada motor atau mobil?

Sumpah lampu jauh itu ganggu banget. Sampai ga bisa lihat jalan di depan. Padahal sekelilingnya sawah, gelap, dan ga ada penduduk.

Siapa sih yang ga akan menggunakan lampu jauh saat melewati jalan panjang yang gelap? Pastilah semua orang akan menggunakan lampu jauh. Tapi pertanyaannya, apa penggunaannya sudah benar? Seperti apa yang benar?

Berdasarkan laman Kompas Otomotif, lampu jauh atau dim atau high beam tak bisa digunakan terus menerus.

Berdasarkan sosialisasi Divisi Humas Polri, lampu jauh berfungsi untuk penerangan saat pengendara melintasi jalur gelap. Fungsinya untuk menambah jarak pandang pengendara. Lebih lengkapnya, lampu jauh digunakan di daerah gelap dan sepi pengendara lain atau kurang penerangan.

Semisal jalan itu ramai dan cukup penerangan, penggunaan lampu jauh pun tak dibenarkan.

Lebih jauh lagi Divisi Humas Polri melarang penggunaan lampu jauh di jalan-jalan padat lalu lintas. Karena lampu jauh akan mengganggu pengendara lain.

Lebih buruk lagi, untuk orang yang mengalami gangguan astigmatisme / berkacamata lensa silinder efek silau dari lampu jauh akan lebih terasa. Bahkan bisa membuat pandangan gelap total.

Dan lensa kacamata gue silinder sejak kelas 3 SD.

Imbauan di atas berguna bagi pengendara yang fungsi lampu jauhnya masih normal. Bukan pengendara yang lampu jauh adalah satu-satunya pilihan lampu. Kalau sudah begini segeralah menabung dan diservis motornya. Ini demi kenyamanan bersama. Jangan seperti teman saya yang tak peduli meski motornya cuman ada lampu jauh. Brengsek dia!

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.