Suatu hari, saat saya sedang ngobrol keren sama salah satu temen di tempat saya menimba ilmu, saya dapat sedikit pengetahuan baru dari dia, katanya sih ini original dari dia, tapi saya sendiri sih kurang tau kebenaranya :D (becanda Mas Jo).

Sebuah pengetahuan ini bisa dibilang fenomenal dan menggugah selera makan :D , menggugah pemikiran-pemikiran baru mengenai hidup yang kita jalani masing-masing, khusus nya bagi para penerus bangsa yang masih menyandang pangkat Mahasiswa. Disini kita akan mempelajari tingkatan mahasiswa yang berhasil di rekam dalam sejarah, tingkatan yang membedakan sikap dan tingkah laku mereka dalam bersikap

Jadi disini kita akan membagi tingkatan mahasiswa menjadi 7 level, berdasarkan tahun pertama mereka menjadi mahasiswa.

Kita mulai dari yang pertama, mahasiswa 2013 mahasiswa tahun pertama, kita sebut sebagai ‘Freshman’, sebutan freshman emang paling cocok buat adik-adik tahun pertama, pikiran mereka masih fresh, belum tercampur akut dengan dunia mahasiswa, dan masih cenderung banyak yang masih merasa jaman SMA mereka adalah masa-masa paling keren, adik-adik freshman ini perlu bimbingan, cenderung mereka akan mengikuti kegiatan-kegiatan training-training yang diadain kampus.

Yang kedua, mahasiswa tahun 2012, mari kita sebut pake bahasa agak keren dikit ‘Sophomore’, biasa di artikan murid/mahasiswa di tahun kedua. menurut Wikipedia istilah ini biasa digunakan di US, Filipina, dan beberapa universitas berbasis bahasa Inggris di Saudi Arabia. Mahasiswa tahun kedua, logikanya sih lebih dewasa dan lebih bijaksana dari para Freshman, tapi itu relatif sih, tergantung yang dilakuin para Sophomore ini di tahun pertamanya sehingga menjadikan kualitas mereka menjadi seperti apa :D. Di level ini kuliah masih banyak, tugas juga masih banyak, organisasi masih membutuhkan tenaga segar seperti kalian, jadi manfaatkanlah.

Yang ketiga, mahasiswa 2011, mari kita sebut mereka sebagai ‘Junior’ , lebih berpengalaman dari Sophomore tapi masih seorang Junior, mengalami pahit manis kehidupan kampus hampir tiga tahun, sudah bisa dipastikan mereka sudah punya pola kehidupan di kampus yang mapan. Perkuliahan masih sering padat tapi dapat di-manage dengan baik. Mbolos mungkin bukan lagi hal yang menyakitkan.

Yang keempat, mahasiswa 2010, ditempatkan pas setelah Junior, kita sebut mereka ‘Senior’, bisa dibilang pengalaman di kampuis sudah sangat banyak, pahit manis kehidupan di kampus sudah hampir menjadi cerita lama, perkuliahan tinggal sedikit, banyak main atau sibuk ngerjain TA (tergantung orangnya), Karena mereka senior masih banyak adik-adik yang mengenal mereka, dan aktivitas mereka masih sering terlihat di kampus.

Yang kelima, mahasiswa 2009, jelas sekali mereka lebih diatas seorang senior sekalipun, mereka adalah ‘Expert’, ruang dosen menjadi tempat favorit, dihormati oleh para adik tingkat, dosen masih semangat membimbing mereka untuk mencapai tujuan akhir mereka. Perkuliahan di kelas? sudah mulai meninggalkannya.

Yang keenam, mahasiswa 2008,  sebenarnya sakral membicarakan angkatan ini, jumlah semester mereka sudah dua digit,  tapi apa mau di buat mereka masuk dalam list fenomenal ini, mahasiswa tingkat keenam dengan hormat disebut ‘Legend’, sebuah legenda kampus yang tidak pasti benar atau tidaknya, sudah sangat tidak dikenal oleh kalangan adik-adik tingkat, kecuali mereka yang sering cari muka , dosen pembimbing sudah sangat hapal dengan karakter dan kebiasaanya. Mereka ini  masuk dalam jajaran langka dan harus janjian dulu kalo mau ketemu. Dan mereka pasti hafal seluruh wajah staf dan pegawai fakultas, karena waktu mereka sangat cukup untuk melakukan itu.

Yang ketujuh, mahasiswa 2007, Sangat lebih sakral dari legend, karena mereka memiliki yang tidak dimiliki mahasiswa level lain sayangnya saya tidak punya kata-lata yang tepat untuk menggambarkannya, saya merasa tidak pantas :D , yang jelas mereka disebut ‘Beyond Godlike‘, sesuatu yang sangat sulit di gambarkan dengan kata-kata maupun gerakan apapun :D .

Nah itulah ketujuh tingkatan mahasiswa yang ada dan bisa di deteksi, bagi mahasiswa yang mempunyai tahun sebelum 2007 dan masih  berstatus mahasiswa just put yourself in ‘beyond godlike’ level.

Bagi yang merasa freshman manfaatkan waktu sebaik mungkin. Bagi sophomore jangan kebanyakan pacaran dan nggebet in freshman. Yang junior terus berusaha tingkatakan kemampuanmu. Untuk para senior jangan sok senior ya… diatas langit masih ada langit. Yang expert semoga selalu bisa lebih bijaksana. Yang merasa legend, tergantung sikap kalian menanggapi ini semua, bisa jadi pujian dan ujian. Yang beyond godlike, gue speechless, kalo kalian ketemu Percy Jackson, dia itu half-blood, separuh manusia separuh dewa, tapi kalo Thor beda level, sulit dikalahin. :D

Credit Point buat Mas Jojo