SMS Penipuan = SPAM , Laporkan!!!

Pesan spam, atau biasa juga disebut pesan sampah sudah ada sekitaran tahun 1970-an, pesan-pesan ini datang secara bertubi-tubi di akun surat elektronik (surel) kita, yang hampir kesemuanya bukan pesan yang kita inginkan untuk datang. Email spam ini berkembang di awal tahun 90-an, dan sebagian besar digunakan untuk promosi komersil, semacam iklan tapi vandals, seenak udel sendiri. Seiring perkembangan jaman, para penyedia layanan email mulai berbenah, hingga sekarang layanan mereka untuk menanggulangi email spam ini dibilang sudah baik, sehingga efeknya sedikit tidak terasa.

Report as Spam

Report as Spam

Selain spam yang masuk ke email ada juga spam yang masuk ke kolom komentar blog-blog atau website. Contohnya website saya ini, dalam seharinya plugin Akismet bisa menahan lebih dari 50 pesan spam yang masuk, sebagian besar isinya memuji-muji tulisan kemudian diteruskan iklan, atau komentar yang memberitahukan bahwa blog saya seperti ini atau seperti itu, kesemuanya dalam bahasa Inggris. Kebetulan kemarin saya membuka lagi akun blog dari kampus tempat saya dulu kuliah, dan ternyata masih ada, saya pun tidak lupa passwordnya, singkat cerita saya pun log in ke akun saya itu, dan apa yang terjadi? tiap post sudah mendapat lebih dari seribu komentar yang sebagian besar spam, gilak!!! sudah setelah itu saya close, cukup nostalgia jaman mudanya, balik lagi ke rizalfikrydotcom.

Spam in juga bisa berdampak buruk bagi korbannya, misalnya, jika sebuah website dengan sengaja dikirimi spam oleh seorang tak dikenal, bisa jadi hosting website tersebut kelebihan daya, dan bisa mengakibatkan hosting website itu ‘down’ tidak bisa diakses untuk sementara waktu. Selain itu bisa saja sebuah spam yang dikirim melalui surat elektronik sejatinya adalah virus. Model yang terbaru, spam yang ada di facebook, bisa-bisa seorang yang penasaran dengan sebuah konten tertentu di jejaring sosial itu, dan meng-klik kontent tersebut, bisa-bisa dalam sekejap dan otomatis, laman facebooknya bisa dipenuhi dengan gambar-gambar porno, atau bisa-bisa saja spam itu akan mengirim pesan ke seluruh teman facebook si korban.

Selain itu, selain spam di dunia internet, sekarang sedang marak spam melalui pesan singkat, iya melalui SMS, iya SMS. Siapa sih yang belum pernah mendapat pesan singkat ditelepon genggam kalian yang isinya, anggota keluarga kalian meminta dikirimi pulsa, atau model lain, pesan singkat yang mengatakan bahwa anda telah menjadi pemenang sebuah undian dengan hadiah puluhan juta rupiah. SMS penipuan ini mulai marak 1 atau 2 tahun kebelakang, banyak juga korban yang tertipu dengan pesan-pesan singkat ini, ada yang dengan pasrah memberi kiriman ulsa ke nomer tak dikenal tersebut, atau yang lebih parah lagi ada yang mengkonfirmasi pemberitahuan hadiah, dari undian yang belum tentu korbannya pernah ikuti.

 Setelah beberapa waktu, dan mulai sering diberitakan modus penipuan seperti ini, sentra mulai banyak pula laporan dari korban, model penipuan dengan pesan singkat ini mulai bisa diantisipasi, layaknya artis yang sudah tak laku, geliat pesan sampah tipu-tipu ini mulai menghilang. Seperti kata pepatah, mati satu tumbuh seribu, hilang model penipuan yang lama, muncullah model baru yang mengenai pesan sampah ini.

 SMS peniipuan berhadiah - sejak kapan provider itu bikin web gratisan buat undian berhadiah :o, atau konfirmasi dengan sms, dapet 15 juta :O

SMS peniipuan berhadiah – sejak kapan provider itu bikin web gratisan buat undian berhadiah :o, atau konfirmasi dengan sms, dapet 15 juta :O

Ini juga, rekening aja belum punya, masa udah dapet hadiah aja? wkwkwkwkwk

Ini juga, rekening aja belum punya, masa udah dapet hadiah aja? wkwkwkwkwk

Mengenai model penipuan di atas pastilah semua pembaca sudah pernah menerimanya, mungkin bisa satu hari tiga kali mendapat kiriman sms seperti itu, layaknya minum obat. Sampai-sampai hati ini gerah tiap telepon genggam bergetar atau bersuara sms yang tidak diinginkan ini yang muncul. Penipuan seperti di atas sangatlah tidak logis, sehingga saya sendiri penasaran, apakah ada pihak atau orang yang tertipu dari sms  seperti ini? Di sisi lain, saya juga pernah mendengar, jika anda mendapat sms seperti ini janganlah pernah membalasw sms mereka, walaupun hanya sekedar mencaci-maki atau memberi jawaban konyol, karena pernah diberitakan dari sekedar membalas sms tersebut si pulsa si korban bisa tersedot habis layaknya mendaftar di REG(SPASI)CINTA. Saya sendiri tidak bisa membayangkan software seperti apa yang mereka gunakan untuk melakukan hal seperti ini.

add pin bb aku ya

Ini belum bisa dibilang penipuan, tapi kurang lebih sama menjengkelkanya, biasanya korbannya jones-jones ganteng atau ABG keren

Yang terakhir ini juga tak kalah sering muncul di pesan singkat, siapa anda, punya kah anda pin bb, tetap anda bakalan terkena pesan singkat ini jika nomor telepon genggam anda sudah masuk di database mereka. Seperti yang saya bilang sebelumnya, hal ini belum bisa dibilang penipuan, tetapi sama juga menjengkelkannya, iya kebetulan kalau anda perlu teman itu bisa membantu, tapi kalau setelah di add kemudian sudah dikonfirmasi, bagaimana jika yang anda temui adalah sebuah akun BBM untuk berjualan celana dalam, lebih parahnya lagi kalau itu celana dalam pria dan anda juga pria, males banget kan? hahahahahaha.

Satu hal yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana oknum pelaku sms penipuan itu bisa mendapat nomor telepon genggam para korbannya, pada kasus saya, nomor telepon genggam yang saya pakai adalah nomor baru dan belum saya sebarkan ke siapapun, isi pulsa pun tidak pernah. Muncul sebuah dugaan, apa para pelaku ini membeli daftar telepon genggam dari konter-konter nakal, atau lebih tinggi lagi, mereka mendapat daftar nomor dari oknum yang bekerja di provider itu sendiri. Entahlah, saya sendiri belum bisa membuktikannya.

Karena daya dan upaya belum bisa menghetikan fenomena ini sampai ke akarnya, tapi kita bisa kok berpartisipasi untuk melakukan laporan agar nomor-nomor yang mengirimkan pesan-pesan penipuan dan pesan sampah lainnya ini diblokir.

Silahkan disimak dan dilakukan sesuai provider yang anda gunakan, pesan ini saya lansir dari tempo.co

CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN

Jgn kita biarkan, saat ini ada cara utk menanggulanginya :
1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166

2. XL
Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu krm ke 588  -Untuk XL “Sekarang pelanggan tinggal forward pesannya ke nomor 588,” –

3. INDOSAT
Format SMS : SMS(spasi)Nomor­ pengirim SMS penipuan (spasi)­ isi SMS penipuan, kirim ke 726  -Juru bicara Indosat, Adrian Prasanto, mengatakan tidak ada mekanisme seperti itu. “Indosat belum punya mekanisme blokir,” ujarnya ketika dihubungi Tempo, Rabu, 22 Mei 2013.-

Baca artikel lengkapnya dari link di atas.

 

Secara pribadi saya berkomentar fenomena tersebut di atas terjadi seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan manusia yang bertambah, begitu pula cara yang ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tinggal manusianya saja yang menentukan cara apa yang mereka pilih, dan manusia lainnya juga harus siap dengan gelombang yang akan datang kepada mereka, karena semuannya berkembang, berubah, ada yang baik ada yang tidak baik. Sekian.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.