Empat Langkah Efektif Jadi Bijak di Internet

Intro

Meskipun sudah terngiang lama mau nulis tema ini, tapi tak bisa dipungkiri semangat ku buat ngarang tulisan ini muncul lagi gegara artikel epic-nya Mojok.coPanduan Agar Tidak Tolol di Internet-. Artikel yang dimuat Mojok tersebut secara edukatif dan efektif mengungkap keresahan publik yang sekian lama seolah-olah hanya dianggap angin lalu bagi para khalayak di sosial media.

Seiring derasnya arus informasi di jaman yang serba digital ini muncul banyak model media-media online baru dengan desain template dan header ciamik turut menyebarkan isu-isu panas yang sedang terjadi di dunia ini, khususnya di Indonesia. Selain itu, media-media (secara umum) sekarang ini sepertinya sudah mulai menggeser tujuan utama jurnalistik mereka dari yang seharusnya memberitakan menjadi mengguncang. Hal ini terlihat dari pemilihan bahasa, diksi hingga rima berita yang lebih bertujuan untuk menciptakan fenomena daripada memberitakan suatu berita.

Semua hal tersebut di atas sekarang sepertinya didukung dengan ‘kepekaan ’ unik dari para pengguna internet yang sering saja latah menyebarkan isu berita yang belum tentu benar adanya. Para generasi kekinian tersebut sepertinya harus membagi isu-isu rawan tersebut ke semua temannya sebelum membuktikan hal itu benar adanya. Pokoknya sekarang ini jika udah share artikel tertentu, ditambahin dengan respon subyektif, meskipun itu hasil dari baca judulnya saja, orang-orang ini sudah merasa manusia paling elok sedunia.

Nah, dari isu-isu dan kejadian tersebut, aku mau mencoba ngasih sedikit masukan ala Rizalfikry yang patut ditiru biar nantinya linimasa sosial media kita (Indonesia) berisi dengan feed-feed yang benar-benar bermutu.

Dan semoga jika kita semua yang basic-nya adalah user ini sudah terdidik, maka media-media jahanam yang harusnya mendidik itu mungkin juga akan mulai terdidik, dan menghasilkan karya yang jauh lebih baik.

Baca dari nomor 1 ya :D

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.