5 Hal Ini Bikin Domainesia Pas Jadi Hosting Murah Indonesia Terpilih

Bagi seseorang yang mau memulai sebuah web atau blog, memilih layanan domain dan hosting layaknya seorang pria yang akan memilih istri. Penting, perlu banyak pertimbangan, harus efektif, memiliki performa mumpuni dan dapat diandalkan, Yak seperti itu.

Nah, kali ini saya mau berbagi tips dan pengalaman pribadi saat mau memilih layanan domain  hosting murahIndonesia yang paling cocok utuk membangun web atau blog.

Sebagian besar pemula (dulu saya juga seperti itu) pasti membandingkan harga di tiap laman layanan domain dan hosting kemudian memilih yang hargaya paling murah. Padahal sejatinya, harga adalah faktor kesekian untuk menentukan pilihan

Logikanya gini, setiap layanan pasti bersaing dengan layanan lain. Jadi masalah harga pastilah sudah ditekan sehingga kalaupun lebih mahal ga bakal ngepruk kayak warung lesehan yang penjualnya ga tahu diri. Eh*

Jadi, sebelum mikirin harga terbaik, catat dulu hal-hal di bawah ini:

Lokasi server

Bagi Ada yang hanya mau membuat blog pribadi yang kemungkinan besar pembacanya berasal dari Indonesia, atau ingin membuat laman start-up yang target pasarnya dari Indonesia. Disarankan memilih server yang berada di Indonesia. Namun, bagi Anda yang mau membuat blog semi-profesional berbahasa Inggris bisa memilih  server di luar Indonesia.

Meski secara teori di manapun servernya, web yang online tetap bisa diakses, lokasi server akan memudahkan pembaca saat mengakses web/blog Anda. Kemudahan memilih lokasi server adalah nilai plus dari sebuah layanan penyediadomain indonesia dan hosting.

Kemampuan Layanan Menyimpan Data

Mengetahui kemampuan layanan penyedia hosting dalam menyimpan data pelanggan adalah hal penting. Selain karena kita bayar, ya untuk memaksimalkan kinerja web/blog. Nah, hosting yang baik itu harusnya sudah memakai teknologi terkini. Cari tahu layanan yang Anda tuju apa sudah memakai Solid State Drive (SSD) untuk media penyimpanannya.

SSD memiliki kemampuan membaca dan menerima data puluhan kali lebih baik dari Hard Disk konvensional. Nah, ini akan sangat berpengaruh pada kelancaran web/blog nantinya saat mau diakses pembaca.

Selain SSD, pastikan Anda memakai layanan yang uptime servernya terbaik. Semakin tinggi uptime yang bisa dilakukan sebuah layanan, akan lebih baik karena berarti web kamu tidak akan kerap down.

Keamanan Hosting

Keamanan adalah hal yang penting. Jangan menyepelekan keamanan hosting meski Anda hanya berniat membuat blog pribadi. Rasanya kehilangan konten yang sudah dikelola berbulan-bulan itu rasanya sakit. Jadi cari penyedia layanan domain dan hosting yang memberikan fitur Cloudflare. Kalau bisa pilih layanan hosting yang tidak membeda-bedakan. Kalaupun Anda membeli paket hosting termurah, harusnya tetap dapat Cloudflare.

Cloudflare adalah content delivery network (CDN) yang lebih bagus dari standra CDN. Cloudflare akan menyaring pengunjung web dan membedakan antara pengunjung asli dan bot-bot atau spam. Dengan Cloudflare akses web pun bisa lebih maksimal dan aman.

Selain  Cloudflare, pertimbangkan layanan hosting yang memberi pilihan SSL atau lebih baik yang menggratiskan. SSL adalah secure socket layer yang berfungsi untuk sertifikat keamanan yang biasa digunakan untuk transaksi.

Back up & Restore

Meski sudah memastikan layanan memiliki uptime tertinggi dan ada jaminan keamanan berlapis, fitur back up dan restore harus terap ada. Sebelum pasti membeli, pastikan terlebih dahulu layanan yang Anda tuju mampu memberikan  back up rutin dan bisa me-restore data hingga kurun waktu tertentu.

Untuk lebih amannya, Anda bisa mengunduh data back up secara berkala dan menyimpannya di laptop atau komputer.

Instant Deploy

Poin terakhir ini menurut saya yang terbaik. Dari tiga layanan hosting di Indonesia yang pernah saya coba, belum ada yang memberikan fitur tersebut. Instant deployadalah fitur di mana kita tak perlu ribet-ribet membuka cpanel untuk menginstall CMS yang akan kita pakai untuk web/blog.

Sekali kita membayar pesanan, fitur instant deployakan menginstall cms yang kita inginkan. Tak lama kemudian kita bisa mulai mengoprek web/blog yang akan dibangun. Fitur ini baru saya temui di layanan penyedia domain dan hosting Domainesia.

Diskon Domainesia Hosting Murah Indonesia

Diskon Domainesia Hosting Murah Indonesia

Tak hanya Instant deploy, keempat poin yang saya bicarakan di atas, semua ada di Domainesia. Lokasi server bisa dipilih mulai dari Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, apa di Jepang. Server Domainesia juga dipastikan sudah SSD, untuk uptime-nya pun dikatakan 99,99%.

Pilihan kapasitas hosting yang tersedia sangat beragam. Mulai dari 300 MB hingga 48 GB, itu semua bisa disewa dengan harga mulai dari Rp8.000 per bulan. Fitur lain yang lebih menggiurkan adalah semua hosting unlimited bandwidth.

Untuk masalah keamanan, semua hosting di Domainesia ready CloudFlare dan ada SSL gratis untuk pembelian hosting apapun. Back up harian dan data restore bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, Domainesia menyediakan paket-paket hemat hingga memberi pelanggan domain gratis untuk pembelian hosting dengan volume tertentu. Domainesia menjanjikan garansi uang kembali bagi pelanggan hosting yang mengalami masalah di 10 hari pertama.

Sudah dijelasin panjang lebar mengenai keuntungan dan kelebihannya masih bingung mau beli domain dan hosting di mana? Keterlaluan ya, langsung aja ke Domainesia.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.