Category: Pengalaman Hidup

Buat Kalian Yang Nyalahin Film 5CM

Sebelumnya no hard feelings, no offense, ini adalah sebuah bentuk opiniku mengenai pandangan beberapa oknum yang menganggap film 5CM memiliki andil mengenai maraknya kegiatan naik gunung yang dilakukan mereka yang belum berpengalaman, sehingga memiliki andil juga dengan meningkatnya sampah di atas gunung dan meningkatnya korban pendaki yang beberapa waktu terakhir ini sepertinya meningkat.

First of all, film 5CM sendiri merupakan adaptasi dari novel laris karya Donny Dhirgantoro yang terbit tahun 2005 lalu, filmnya sendiri baru dirilis tahun 2012 lalu. Satu pertanyaan muncul di benak saya, ‘mengapa tidak ada yang nyalahin novelnya?’ toh secara cerita kurang lebih sama, ada cerita naik gunungnya, dengan latar belakang karakter yang hampir sama. Jawaban untuk pertanyaanku ini sih sebenarnya gampang, karena buku belum memberi gambaran yang benar-benar nyata mengenai ceritanya, plus ditambah mereka yang baca bukunya bakalan lebih termotivasi mengenai unsur pertemanan dan kekeluargaan yang diceritakan di novelnya. Unsur cerita gunungnya hanya sebagai pelengkap.…

Selamat Berpuasa

Kamis 18 Juni 2015 ditetapkan oleh kementrian keagamaan Republik Indonesia (melalui sidang Isbat, red.) sebagai tanggal 1 Ramadhan 1436 Hijriah. Berarti hal ini menunjukkan jika kamis ini aku, kamu, dan semua umat Islam di dunia akan memulai ibadah puasa. *eh maaf ralat* Aku, kamu dan semua umat Islam yang niat puasa, akan memulai menjalankan ibadah puasa.  Sepertinya ndak usah aku jelasin ya mengenai ayat-ayat yang memerintahkan umat Islam menjalankan puasa, ayat itu udah sering diulang-ulang sama ustadz dan ustadzah tiap seminggu sebelum bulan ramadhan datang, jadi pastinya kalian udah pernah denger lah barang sekali seumur hidup atau pas pelajaran agama di sekolah dasar.…

Rutinitas

Belum genap satu bulan ini berada di Kota Malang, Jawa Timur. Menjalani rutinitas sebagai seorang pegawai kantoran. Tak pernah terbayangkan aku akan melompat jauh hingga kesini menjauhi rutinitas asik yang kulakukan sehari-hari di kota Solo. Sekarang semuanya lebih profesional, hidupku jadi berubah agak jadi semi-formal, walaupun tetep ke kantor pake kaos. Bermodal rasa suka sama…

Merantau

Ini bukan review film atau sebuah cerita bersambung. Ini hanyalah curahan hati seorang anak mami.

Merantau berarti bepergian jauh dari rumah tempat kita lahir dan tumbuh dengan tujuan untuk mencari pengalaman baru dalam hidup. Sebenarnya artinya sangat sederhana, sesederhana membawa beberapa baju ganti dan berangkat menuju stasiun kereta terdekat dari rumah menuju tempat berteduh baru dan memulai rutinitas baru di tempat baru.…

Kalau Internet-an Ya Harus Tau Diri

[no offense] Sebenarnya intinya gampang, Internet itu tempat umum, banyak orang yang bisa tau kegiatan apa yang sedang kita lakukan, makanya jangan seenaknya saat lagi internet-an. Kalau anda sedang jalan di trotoar dan tiba-tiba ada orang yang kencing di depan anda, pastilah anda akan marah, memukulnya, atau bisa saja anda melapor pada satpam setempat, sama saja saat anda sedang internetan karena suatu alasan anda menghina habis-habis an sebuah perusahaan, akhirnya apa? anda malah dipenjara.

Semakin kesini penggunaan teknolgi informasi menjadi semakin advance, artinya setiap elemen masyarakat tak hanya menggunakan teknologi terserbut saat mereka benar-benar membutuhkan, contoh kongkritnya, sekarang ini jaringan internet menjadi makanan pokok hampir semua elemen masyarakat. Hal ini menimbulkan efek baru yang bisa saja positif dan bisa juga negatif. Dengan Internet, para karyawan kantor akan lebih mudah dalam memproses pekerjaan mereka, karena sekarang semuanya bisa dilakukan di mana saja, dengan Internet jarak seperti tidak pernah ada. Selain itui bisa juga memberikan efek negatif, karena bisa saja pengguna Internet yang tak bertanggung jawab menjadi penyumbang konten-konten yang juga tak bertanggungjawab yang beredar bebas di Internet. Tantangan-tangtangan seperti itulah yang mengikuti perkembangan teknologi informasi di Indonesia ini.…

SMS Penipuan = SPAM , Laporkan!!!

Pesan spam, atau biasa juga disebut pesan sampah sudah ada sekitaran tahun 1970-an, pesan-pesan ini datang secara bertubi-tubi di akun surat elektronik (surel) kita, yang hampir kesemuanya bukan pesan yang kita inginkan untuk datang. Email spam ini berkembang di awal tahun 90-an, dan sebagian besar digunakan untuk promosi komersil, semacam iklan tapi vandals, seenak udel sendiri. Seiring perkembangan jaman, para penyedia layanan email mulai berbenah, hingga sekarang layanan mereka untuk menanggulangi email spam ini dibilang sudah baik, sehingga efeknya sedikit tidak terasa.

Report as Spam

Report as Spam

[Long Post] Wisuda – Cerita yang dilarang terbit

Siang itu aku mondar-mandir di fakultas, ke berbagai kantor lainnya di kampus untuk mengurus satu hal yang paling ditunggu-tunggu, Wisuda. Iya wisuda sarjana.

Sekitar pertengahan 2008 lalu saat menerima pengumuman diterima di jurusan Sastra Inggris Universitas Sebelas Maret Surakarta, hati senang riang gembira, terucap segala sukur kehadirat Allah SWT. Aku memasuki level baru dalam perjuangan hidup ini. Kuliah demi kuliah terlewati, mbolos satu dan mbolos lainya saling melengkapi, BEM, SKI, hingga rutinitas lainnya memenuhi duniaku waktu itu. Tak terasa 8 semester terlalui, dan apa? yah.. masih ada beberapa mata kuliah yang aku belum lolos, tertekan? seingatku sih tidak. Hari-hari setelah semester 8 dilalui dengan kuliah bersama adik-adik tingkat yang imut-imut, tentunya diikuti dengan Skripsi. Tak terasa perjalanan kumencapai di akhir semester 10, dan Skripsi belum juga selesai,  tapi waktu itu rasanya semangat, semangat buat lebih sering konsultasi dan konsultasi, hampir setiap hari ke kampus, SMS dosen pembimbing menjadi hal yang lumrah, kadang aku sampai kampus dosen pembimbing baru saja pulang, atau dosen pembimbing di kampus aku yang tidur di rumah, semua romantisme itu kulalui dengan sadar dan bahagia, sampai akhirnya tenggat waktu semester 11 akan berakhir dan aku terancam bayar SPP semesteran lagi, panik melanda, berharap dosen pembimbing bersedia mempercepat tempo bimbingannya agar semua bisa diselesaikan secara lebih efektif dan di waktu yang tepat. Kepanikanku berubah menjadi kemarahan, saat ternyata si pembimbing seperti tidak berubah dari kelakuan lamanya, seperti tidak ada hasrat menolong sesama, hanya seperti egois pendek yang otaknya hanya berisi tentang nafsu dan keinginnan pribadinya sendiri. Sudahlah, akhirnya semester 11 kutinggalkan, karena aku harus terus melanjutkan perjalanan hidup ini.…

Syarat Bersosialisasi, dari sisi Alay dan seorang Menantu

Hari itu aku pergi tamasya, suasana ramai tak karuan, anak kecil berlarian kesana kemari, barisan alay berteriak nyebahi bak sedang dilatih militer oleh Kim Jong Eun. Sebenarnya aku kurang suka menghadapi ini semua,  rasanya males berada di tengah keramaian, rasanya pengen dari jauh aja melihat aktivitas mereka, sambil senyum-senyum bawa sniper trus ditembak in satu-satu *eh. *maaf OOT. Saat berada di keramaian sering aku berfikir tentang mereka yang aku lihat, tentang gerak-gerik mereka, gaya bicara, cara berpakaian, dan lain-lain. Seringnya dari situ muncul teori-teori baru dari pikiran ku, dari hipotesa-hipotesa alam bawah sadar ku yang sering kali menemukan sinar di balik suatu sistim kompleks yang sering membuat dahi berkerut dan biasa disebut hidup.…

Aku Sedang Belajar

Bismillahirohamnirrohim

Semua orang tau, ini semester ke-12-ku, semua orang tau siapa pembimbing sekripsi ku :D (beliau ganteng). Semua orang juga tau, aku bukan anak raja.

Dan yang pasti semua orang tau, ada ratu endut yang menunggu ku untuk meminangnya :D

Akhir-akhir ini kesibukan ku nambah, tak hanya bolak-balik kampus-rumah-perpus aja. Sekarang tujuannya nambah. Ngantor di TeraSolo. Berkat ijin Allah SWT via  mention mas Faisal owner Hostuner Hosting Indonesia Gratis Domain yang ngasih tau soal lowongan freelance reporter di TeraSolo.Akhirnya aku nyoba apply deh, trus di email wawancara, trus diemail diterima. :D

Surat terbuka buat – Sekripsi gue :D

Assalamualikum….

Mumpung lagi jamannya bikin surat terbuka…..

Seperti contoh surat di buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD biasanya abis salam, penulisnya  ngabarin kalo dia baik-baik aja, sehat wal afiat, endak galau, ataupun bokek ga ada duit, di surat terbuka ini yang tujuan  dibuat nya untuk siapa udah gue tulis di judul. Gue ndak lagi Baik-baik aja …Si,,,

Kamu tau kenapa ga Si? Tau ga? intinya.. udah setahun lebih gue kenal kamu, udah setahun lebih gue pdkt ke kamu, udah setahun lebih bimbingan cuman buat kamu, tapi sampai sekarang tak kunjung luluh juga kamu nya :D