Category: Islamic Corner

#20 Jagalah Hati

 

Assalamualaikum,
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H lanjut lagi nih, udah masuk 10 hari terakhir.
 
Kemarin waktu, ada sebuah kejadian yang menurut saya sedikit aneh, dalam satu hari dua kesempatan mendengarkan tausiyah dengan dua tema yang sama, tema nya yaitu Hati yang Mati. Dua kali hlo saya mendengar tausiyah dengan tema sejenis, dengan media yang berdeda, dan bentuk isi yang berbeda tapi intinya sama. :D
 
Hal ini membuat saya berfikir, apakah ini tanda-tanda saya harus memperhatikan kondisi hati saya? apakah juga hati saya sudah mati? naudzubillahimindzalik …

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#19 Kembali Mendengarkan

 

Assalamualaikum…
 
Astagfhirullahaladzim, bolos sehari postingnya :D
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit berbagi tentang pengalaman, sebuah pengalaman tentang mendengarkan :D
 
Kita dapati beberapa diantara kita, sebagai contohnya saya, di awal bulan ramadhan sangat bersemangat untuk ke masjid sholat berjamaah dan diikuti dengan mendengarkan tausiyah singkat plus sholat tarawih. Kegiatan itu berjalan beberapa saat sampai akhirnya menurun dan terus menurun, bisa dikatakan sekarang sudah jarang mendengarkan tausiyah singkat, al hasil sholat tarawih juga tak ikut :D , dalam hati kecil sedikit berteriak ‘kok bisa ya aku kayak gini’ . Kalo inget orang yang rela ngeluarin tenaga dan emosi cuman buat marahin aku pas ndak ikut sholat tarawih, Astahfirullah…… …

Tausiyah Ramadhan 1344 H

#17 Nuzulul Qur’an

Assalamualaikum
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini akan membahas mengenai 17 Ramadhan, tanggal 17 ramadhan adalah tanggal disaat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu berupa Al-qur’an, surat yang turun pertama kali ialah Surat Al-alaq 1-5 bertempat di Gua Hira’. Banyak sekali riwayat dan buku yang menceritakan tentang malam Nuzulul Qur’an , dengan berbagai kontroversinya masing-masing, anda bisa mencari sendiri dari sumber maupun buku yang terpercaya, disini saya belum mempunyai kapasitas untuk menjabarkannya.

#16 Membantu Orang Tua

 

Assalamualaikum, jumpa lagi di Tausiyah Ramadhan 1434 H sekarang di edisi ke 16.
 
Disini saya akan berbicara sebagai mahasiswa, karena saya mahasiswa, ya walaupun udah tua gapapa ya kora-koar kayak lagi demo :D
 
Bulan Ramadhan tahun ini aktivitas perkuliahan sedang masuk ke peralihan semester, paling tidak ini terjadi di kampus saya dan kampus lainnya di Solo yang bisa saya jangkau, entah bagaimana di kampus-kampus di belahan Indonesia yang lain. Liburan ini bisa kita manfaatkan untuk membantu orang tua. Selama aktif di kampus kan kita sering pulang malem, pulang pagi berangkat pagi, pulang dua hari sekali, semua itu terjadi atas nama Kegiatan Kampus.…

#13 Menjaga Pandangan

  Assalamualaikum Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini ingin sedikit menyinggung mengenai menjaga pandangan, walaupun hal ini sepele tetapi efeknya besar. Usahakan puasa kita tidak tercoreng hanya karena mata kita salah belok ke sisi yang tidak seharusnya :D  Menjaga mata dari pandangan yang tidak seharusnya ialah perintah ALLAH, apalagi di bulan suci ramadhan menjaga mata menjadi salah…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#12 Esensi Buber

 

 

Assakamualaikum, ketemu lagi sama Tausiyah Ramadhan 1434 H
 
Bulan puasa seperti ini, kegiatan buber, atu buka bersama hampir setiap hari ada, orang-orang bersama keluarga, bersama komunitas, teman kerja, teman kuliah, teman organisasi sering mengadakan buka bersama. Berkumpul bersama menyantap hidangan buka puasa baik di restoran ataupun di pinggir-pinggir jalan. Kemarin ada teman saya yang bilang bahwa dia tidak suka buber-buber kayak khalayak umum, karena dia melihat nya seperti hanyalah hal yang sedikit hedon dan menyia-nyiakan waktu “kalo buber itu mesti sholat mahgribnya telat” ungkap temanku itu.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#11 Mengatur Waktu

 

Assalamualaikum
 
Tausiyah Ramadhan 1434 H udah masuk ke hari yang ke-11, tak terasa kan?  Udah pada semakin rutin belum ya ibadahnya? apa masih fluktuatif?
 
Pada kesempatan kali ini akan sedikit di bahas mengenai management waktu, atau pengaturan waktu, kenapa pengaturan waktu? karena hal ini berhubungan dengan rutinitas ibadah kita di bulan suci ramadhan ini. Diharapkan jika pengaturan waktu sudah baik bisa menghasilkan rutinitas ibadah yang baik pula. Di hari yang ke-11 ini diharapkan kita semua sudah mempunyai rutinitas ibadah lebih baik dari sebelumnya. InsyaALLAH.…

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#10 Tahan Emosi

 

Assalamualaikum
 
Tak terasa sudah hari ke sepuluh, sudah 1/3 ramadhan hampir terlalui, apa kita sudah merasa lebih baik? InsyaALLAH. Pada Tausiyah Ramadhan 1434 H kali ini saya ingin cerita lagi.
 
Ada sepasang suami istri yang sedang berbelanja beberapa pakaian di pasar grosir tradisional semacam pasar klewer, kegiatan ini tentunya inisiatif sang istri karena ingin beberapa busana untuk menyambut hari raya Iedul Fitri, Sang suami mengikutinya dari belakang, menyusuri lorong-lorong pasar yang ternyata sudah ramai, dengan cekatan Sang Istri memilih dan memilah baju yang dinginkannya, Sang suami hanya setia menemani di belakang tanpa menunjukkan rasa ketertarikkan sedikit pun, walaupun sejatinya Sang suami ikhlas menemani. …

Tausiyah Ramadhan 1434 H

#9 Luruskan Niat

 
Assalamualaikum, tak terasa sudah di hari yang ke sembilan, ada juga sebagian yang sudah menginjak hari kesepuluh *tak masalah*
 
Pada kesempatan kali ini Tausiyah Ramadhan 1434 H akan sedikit membahas mengenai luruskan niat. Niat ialah awal dari segala amalan, niat ialah landasan saat kita ingin melakukan sesuatu, seperti saat kita mengerjakan ujian dengan niat agar bisa lulus dalam sebuah mata kuliah. Niat yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, niat buruk mungkin juga akan membawa keburukan.
 
Persoalannya disini bagaimana caranya agar semua amalan kita, disertai dengan niat yang lurus dan tulus, bukan dengan niatan semu duniawi yang merusak amalan kita?…