Jangan Panik! Begini Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju

Memiliki baju yang selalu wangi dan bersih pasti keinginan semua orang. Namun hal itu tak selalu mudah dilakukan, apalagi kalau sudah ada noda membandel yang menempel di baju. Salah penanganan bisa jadi baju yang masih bagus malah terlihat kusam karena noda membandel tak tertangani dengan baik. Salah satu noda membandel yang berpotensi merusak baju adalah permen karet. Tahukah kalian cara menghilangkan permen karet di baju?

Saat beraktivitas sering kali kita kurang waspada sehingga baju terkena permen karet. Hasilnya pun akan sangat lengket dan pastinya permen karet tidak akan bersih sempurna. Sisa-sisa noda permen karet akan membawa noda lain sehingga baju terlihat lebih kotor. Segeralah tangani dengan cara di bawah ini agar menghilangkan permen karet di baju tak semakin susah.

Seperti dirujuk di laman Rinso dan berbagai sumber lainnya. Salah satu tips utama adalah membuat permen karet mengeras.

Cara Menghilangkan Permen Karet di Baju
Ilustrasi Celana Terkena Permen Karet

Kompres dengan es batu / Simpan di Freezer.

Permen karet yang masih lembek tidak akan bisa dibersihkan secara menyeluruh. Serat-seratnya pasti tertinggal dan akan membawa noda kotoran lain. Mengeraskan permen karet adalah cara awal paling efektif agar permen karet bisa dipisahkan dengan baju. Teman-teman bisa mengompres permen karet dengan es batu atau menyimpan beberapa saat di freezer.

Setelah permen karet mengeras teman-teman bisa mengangkatnya. Namun perlu diperhatikan mengenai jenis kain. Untuk kain-kain yang berserat lembut sangat disarankan untuk lebih berhati-hati saat akan mengangkat permen karet beku. Apabila dirasa sulit mengangkat dengan tangan kosong, bisa gunakan sendok.

Gunakan Hairdryer.

Apabila setelah permen karet beku diangkat masih tetap ada sisa, coba panaskan baju. Untuk cara ini tolong diperhatikan jenis serat kain dalam baju. Untuk baju dengan serat lembut jangan gunakan suhu terlalu panas. Teman-teman bisa menggunakan pengering rambut dengan tingkat kehangatan disesuaikan dengan ketebalan baju.

Pakai Larutan Lemon dan Cuka

Apabila cara tersebut di atas masih meninggalkan noda permen karet, coba celupkan bagian baju yang terkena noda di  air panas dicampur lemon dan cuka. Sembari mencelup sikat perlahan bagian yang terkena noda. Mirip dengan tips menggunakan hairdryer,  tingkat kepanasan air harus disesuaikan dengan ketebalan baju. Untuk serat kain yang lembut jangan menggunakan air yang terlalu panas.

Manfaatkan Setrika Baju

Apabila membasahi atau membekukan baju bukan alternatif yang bisa dipilih, teman-teman bisa mencoba menggunakan setrika untuk menghilangkan noda permen karet. Caranya gunakan kardus atau kertas di atas tempat setrikaan. Jangan gunakan panas terlalu tinggi karena teknik yang dipakai di sini adalah memindahkan permen karet dari kain ke kardus atau kertas.

Posisikan titik baju yang terkena permen karet menempel di kardus atau kertas. Hangatkan posisi sebaliknya sampai permen karet menempel di kardus atau kertas.

Oleskan Selai Kacang

Teman-teman juga bisa mencoba mengoleskan permen karet di baju menggunakan selai kacang. Minyak yang terkandung di selai kacang dipercaya bisa mengurangi daya lengket permen karet di baju. Diamkan selai kacang selama beberapa menit kemudian langsung bilas dengan air dan cuci baju.

Setelah mempraktikkan berbagai tips hilangkan permen karet di baju, langsung cuci baju dengan detergen. Untuk baju yang berserat lembut bisa memakai detergen khusus seperti Rinso Molto Ultra. Hal ini bisa mencegah noda semakin lama bersemayam di baju yang teman-teman pakai.

1 comment

  1. Pingback: Biar Si Kecil Lebih Cerdas, Stimulasi Aspek Kognisi Ini

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.