Siap Angkat Tangan, Simak Tips Praktis Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Permasalahan ketiak berwarna gelap sering kali merepotkan. Apalagi bagi teman-teman yang harus berpenampilan super kece setiap hari dan mau tak mau harus mengekspos bagian ketiak. Karena lokasinya kerap tertutup, ketiak jadi bagian tubuh yang mungkin kurang diperhatikan. Hasilnya, tak disangka tak dinyana ketiak berubah warna menjadi hitam. Kalau sudah seperti itu, gimana ya cara menghilangkan ketiak hitam?

Sebelum fokus ke pengobatan, teman-teman harus terlebih dahulu paham penyebab ketiak hitam. Berdasarkan laman Zona Keringat Rexona, penyebab ketiak berwarna hitam antara lain:

Kesalahan mencukur bulu ketiak

Bagi teman-teman yang sering mencukur bulu ketiak sewaktu-waktu merasa butuh, tolong hal itu dihindari.  Waktu terbaik untuk mencukur bulu ketiak adalah setelah mandi. Hal itu dilakukan untuk menghindari iritasi kulit ketiak. Kondisi sesaat setelah mandi membuat kulit ketiak basah dan lembab, hal itu mengurangi risiko iritasi. Pastikan teman-teman juga memakai krim untuk menambah kelembapan.

Tumpukan Sel Kulit Mati

Kebersihan ketiak harus selalu diperhatikan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan sel kulit mati. Kalau hal itu tidak dilakukan, sel kulit mati bisa menumpuk dan menyebabkan warna hitam.

Pakaian Terlalu Ketat

Pemilihan pakaian juga  bisa memberi andil dalam penggelapan kulit ketiak. Pakaian ketat membuat ruang gerak menjadi sempit. Gesekan serat pakaian bisa menyebabkan iritasi di kulit ketiak. Hal itu akan mengakibatkan penghitaman di kulit ketiak.

Hiperpigmentasi Kulit

Hiperpigmentasi biasa juga disebut dengan flek atau noda hitam. Bagian tubuh yang mengalami hiperpigmentasi mengalami produksi melanin berlebih sehingga menyebabkan penghitaman.

Dari beberapa penyebab di atas, teman-teman bisa perhatikan dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkan dan mempercepat penghitaman kulit ketiak. Kalau kita sudah tahu penyebab menghitamnya kulit ketiak, terus gimana ya cara menghilangkan ketiak hitam? Di susun dari berbagai sumber, simak tips cara menghilangkan ketiak hitam di bawah ini:

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam - 
Photo by Slice of Design * on Unsplash

Parutan Kentang

Sediakan parutan kentang, peras hasil parutan seperti mengambil sari santan. Ambil hasilnya, usahakan kental. Oleskan sari kentang ke ketiak teman-teman. Diamkan kurang lebih 10 menit, kemudian bilas.

Irisan Lemon (digabung Madu)

Cara menggunakan lemon ini termasuk sangat praktis. Teman-teman hanya perlu mengiris tipis-tipis lemon. Gosok ke bagian ketiak. Pastikan ketiak sedang tidak luka. Zat limonen yang terkandung dalam lemon bisa melembabkan dan mencerahkan kulit. Bilas setelah selesai.

Selain itu, teman-teman bisa menggabungkan lemon dan madu. Caranya campurkan perasan lemon dengan madu. Gunakan campuran itu sebagai masker untuk kulit ketiak. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit, kemudian bilas.

Lidah Buaya

Kebanyakan dari teman-teman pasti lebih mengenal lidah buaya sebagai penutrisi rambut. Nanum, tumbuhan hijau itu ternyata juga mampu digunakan untuk menghilangkan ketiak hitam. Lidah buaya disarankan digunakan setelah teman-teman mencukur bulu ketiak, namun digunakan rutin juga tidak masalah. Teman-teman hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke kulit ketiak. Lidah buaya mengandung anti-mirkoba dan mampu melembutkan kulit. Selain itu lidah buaya juga membantu peremajaan kulit.

Minyak Biji Bunga Matahari

Vitamin C dan E yang dikandung minyak biji bunga matahari sangat bermanfaat bagi kulit. Selain mencerahkan pigmen kulit, emolien yang dikandung minyak biji bunga matahari mampu melembabkan kulit dan menghilangkan iritasi.

Akar Manis

Akar manis atau yang juga dikenal dengan licorice memiliki kemampuan untuk menyerap sinar UVA dan UVB dan mengurangi hiperpigmentasi. Caranya buat rebusan akar manis dan oleskan hasilnya di ketiak.

Deodorant

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam
Rexona Advance Whitening + Anti Noda Roll On

Deodorant memang biasanya hanya dianggap sebagai pewangi ketiak, bukan sebagai pemutih ketiak. Namun hal itu tidak berlaku untuk produk Rexona, khususnya Rexona Advance Whitening + Anti Noda Roll On. Deodorant tersebut dibuat dengan ekstrak lemon alami, Vitamin E, Vitamin F. Selain itu Rexona Advance Whitening juga mengandung minyak biji bunga matahari yang mampu menghilangkan ketiak hitam.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.