Gak Pakai Ribet, Begini Cara Hilangkan Bau Sepatu

Bau pada sepatu sering menjadi masalah kebanyakan orang. Bau pada sepatu sendiri bisa dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari karakter kaki yang mudah berkeringat, bahan sepatu yang sangat menyerap keringat, hingga keterbatasan jumlah sepatu sehingga teman-teman tak punya pilihan untuk merotasi penggunaan. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tips antiribet cara hilangkan bau sepatu.

Untuk menghilangkan bau sepatu, pertama-tama teman-teman harus menghilangkan atau setidaknya mengurangi sumber baunya, yaitu merawat kaki agar tidak memproduksi keringat berlebihan. Teman-teman harus melakukan perawatan kaki yang bisa dilakukan secara mandiri.

Bahan baku untuk merendam kaki yang biasa disarankan adalah;

  • Cuka
  • Kantung Teh
  • Garam

Teman-teman silahkan memilih bahan baku yang paling mudah didapatkan di lingkungan teman-teman. Campurkan bahan baku dengan air hangat secukupnya, kemudian rendam kaki selama kurang lebih 15-30 menit. Pastikan tidak ada luka terbuka di kaki teman-teman. Bahan baku tersebut di atas mampu mengurangi kelembapan kaki dan memperkecil pori-pori (khusus untuk kandungan asam pada kantung teh), sehingga mengurangi keringat di kaki.

Kalau usaha di atas sudah dilakukan, namun bau sepatu tetap masih mengganggu, teman-teman bisa mengaplikasikan tips antiribet cara hilangkan bau sepatu yang saya kompilasi dari berbagai sumber di bawah ini:

Cara Hilangkan Bau Sepatu
Simpan sepatu teman-teman di tempat yang bersih dan tidak lembap.

1. Pilih Kaus Kaki dengan Tepat

Cara paling sederhana adalah memilih kaus kaki dengan tepat. Saran saya hindari membeli kaus kaki yang Rp10.000 dapat tiga. Meski murah, kaus kaki tersebut tidak menyerap keringat dengan baik dan akibatnya akan menimbulkan bau meski baru dipakai sebentar. Gunakan kaus kaki dengan bahan yang menyerap keringat secara maksimal. Setelah itu, batasi penggunaan kaus kaki, maksimal dua hari ganti. Kalau dirasa perlu, siapkan kaus kaki cadangan di tas teman-teman.

2. Gunakan Koran Bekas

Saat sepatu tidak dipakai, teman-teman harus menyimpan sepatu di tempat yang bersih dan kering. Untuk membantu pengeringan sepatu yang lembab karena keringat, gunakan Koran bekas. Masukan koran bekas ke sepatu seperti sepatu baru di toko-toko. Karakter kertas di koran bekas akan menyerap kelembapan di sepatu sehingga esok hari saat mau dipakai sepatu dalam keadaan kering tanpa bau.

3. Baking Soda, Bubuk Kopi atau Bedak Tabur

Kebanyakan kasus sepatu bau adalah karena kadar kelembapan di sepatu terlalu tinggi. Untuk itu, teman-teman bisa menggunakan baking soda, bubuk kopi, atau bedak tabur ke sepatu. Pilih salah satu yang paling mudah didapatkan. Baking soda, bubuk kopi, atau bedak tabur akan menyerap kelembapan di sepatu sehingga mengurangi bau.

Untuk tips yang satu ini, teman-teman bisa langsung menaburkan ke sepatu dengan catatan harus membersihkan sepatu setelahnya, atau menggunakan kantung khusus atau tisu agar lebih praktis. Biarkan bubuk-bubuk tersebut semalaman agar mendapatkan hasil maksimal.

4. Kulit Jeruk atau Irisan Lemon

Teman-teman pasti tak pernah terpikirkan untuk menaruh kulit jeruk di sepatu. Padahal tindakan itu bisa mengurangi bau pada sepatu. Karakter kulit jeruk yang seperti spon dan baunya yang cenderung segar akan menghilangkan bau pada sepatu dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau.

Sebagai pengganti kulit jeruk, teman-teman juga bisa menggunakan lemon, irisannya, bukan hanya kulitnya. Sifat antibakteri pada lemon akan membunuh bakteri-bakteri penyebab bau sepatu.

5. Buat Spray Antibau Sepatu

Spray antibau sepatu memang dijual di berbagai tempat, teman-teman bisa langsung membelinya baik offline maupun online. Namun apa serunya kalau tinggal beli terus semprot? Biar lebih kerasa perjuangannya, nih saya ada tips untuk membuat spray antibau sepatu.

Teman-teman cukup menyiapkan cuka, air bersih, biang minyak wangi atau minyak astiri, dan botol semprot. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50. Setelah itu teteskan biang minyak wangi atau minyak astiri secukupnya.

Air cuka akan membunuh bakteri penyebab bau sepatu, kemudian biang minyak wangi yang mudah menguap akan memberikan aroma wangi.

Nah cukup sampai di sini tips dari saya, dari semua cara hilangkan bau sepatu di atas, mana yang paling cocok untuk teman-teman? Share pengalamannya di kolom komentar ya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.