Enam Cara Agar Rambut Mengembang Menjadi Lurus

Sebagai pemilik rambut lurus, saya mendapat kemudahan saat akan mengatur gaya rambut. Namun, di sisi lain rambut lurus kadang bikin jengkel kalau sudah susah diatur karena mengembang. Rambut mengembang bisa jadi sebagai tanda kalau rambut mengalami kerusakan atau kurang nutrisi. Kalau sudah seperti itu, seringnya jengkel karena rambut susah diatur. Tapi teman-teman jangan khawatir, nih ada cara agar rambut mengembang menjadi lurus.

Sebelum mendalami cara-cara agar rambut mengembang menjadi lurus, mari kita pelajari penyebab rambut mengembang. Rambut mengembang biasanya karena tidak cocok dengan sampo, bisa juga karena rambut sering dikeringkan dengan alat pengering. Ada juga karena rambut terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung. Kemudian karena rambut terlalu sering terkena bahan kimia untuk perawatan atau pearnaan. Rambut terlalu sering dikeriting atau dikeringkan.

Nah, dari paragraf di atas, sudah teman-teman ketahui penyebab rambut mengembang dan bisa susah diatur. Selanjutnya yuk kita pelajari cara agar rambut mengembang menjadi lurus.

Tentukan Potongan Rambut yang Tepat

Bagi orang awam, potongan rambut sering dianggap tidak ada hubungannya dengan kondisi rambut. Namun hal itu tidak benar. Untuk kalian yang memiliki rambut tebal sangat tidak disarankan untuk memotong rambut dengan model layer. Hal ini dikarenakan potongan model tersebut akan menambah volume rambut dan berisiko menyebabkan rambut mengembang.

Pelajari Teknik Mengeringkan Rambut Dengan Benar

Blow dry atau mengeringkan rambut biasa dilakukan banyak orang. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu saat akan menghadiri acara-acara tertentu. Secara umum, mengeringkan rambut tidak disarankan dilakukan dengan frekuensi tinggi atau terlalu sering. Sesekali saat ada acara tertentu boleh-boleh saja.

Saat mengeringkan rambut, usahakan memakai sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar. Pastikan angin mengarah dari atas ke bawah setiap helaian rambut. Teknik tersebut bisa membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Teknik tersebut bisa mengurangi risiko rambut mengembang.

Pakai Minyak atau Masker Rambut Secara Rutin

Penggunaan minyak rambut atau masker rambut bisa membantu mengindari rambut mengembang. Minyak rambut digunakan untuk mengunci kelembapan rambut, sehingga rambut lebih mudah diatur. Selain itu, bisa juga menggunakan masker rambut. Tentukan masker rambut yang sesuai dengan karakter rambut Anda. Aplikasikan setiap selesai keramas.

Lakukan Plopping dan Twisting

Untuk menjaga kelembapan rambut sehingga tak mengembang, bisa dilakukan dengan teknik plopping atau twisting, tergantung jenis rambut Anda. Kalau anda memiliki rambut keriting, lakukan plopping. Teknik tersebut bisa dilakukan setelah keramas. Bungkus rambut yang masih basah menggunakan handuk atau kain kaus. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

Untuk Anda yang berambut lurus, lakukanlah teknik plopping. Caranya, setelah keramas, keringkan rambut. Pakai serum yang sesuai dengan karakter rambut. Setelah itu lilit rambut perlahan menjadi dua bagian. Diamkan selama 10-20 menit. Saat lilitan dilepas, rambut akan lebih rapi dan tidak mengembang.

Pakai Sampo yang Melembutkan

Pemilihan sampo  yang tepat merupakan cara terbaik untuk menghindari rambut mengembang. Untuk itu gunakan sampo yang didesain untuk melembutkan rambut. Salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan sampo TRESemme Keratin Smooth Shampo.

Sampo tersebut dibuat dengan menggunakan kandungan utama keratin dan minyak Argan. TRESemme Keratin Smooth Shampo bisa memberikan lima manfaat rambut lembut dalam sekali keramas. Rambut tidak kering, mudah diatur, tidak kusut, berkilau, dan tampak lebih lurus.

Pakai Kondisioner yang Tepat

Setelah keramas dengan sampo yang tepat, harusnya dimaksimalkan dengan menggunakan kondisioner yang tepat pula. Agar rambut mengembang bisa dihindari dengan maksimal. Untuk kondisioner, Anda harus mampu memilih kondisioner yang melembabkan rambut. Pilihan terbaik untuk kondisioner adalah TRESemme Keratin Smooth Conditioner.

Kondisoner tersebut dibuat agar mampu menutup helai rambut agar tidak kusut. Hasilnya rambut lebih sehat, lembut, serta mudah ditata.

Nah, itulah enam cara simpel untuk mengatasi rambut mengembang agar bisa kembali lurus dan mudah ditata. Kalau teman-teman ada tips lain boleh di share di kolom komentar ya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.