Mari Belajar Dari Youtube

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, aliran informasi terlalu deras. Tayangan yang dulunya hanya bisa diakses lewat satu platform kini bisa diakses dari mana saja. Nah di 2020, konten video sedang naik daun, Youtube sedang menjadi primadona. Sudahkah kalian memaksimalkan platform milik Google itu? kalau belum, Mari belajar dari Youtube.

Siapa dari teman-teman yang punya channel rutin buat ditonton? Pasti hampir semua ada ya. Saya sendiri rutin nonton channel makan nya Mgdalenaf sama Nexcarlos. Selain itu juga rutin nonton Raditya Dika, Tonight Show, dan beberapa channel lainnya. Tapi, mari diakui bersama channel-channel tersebut cuman bisa dibilang untuk kegiatan konsumtif. Kuota habis skill tidak bertambah. Mari kita coba ubah hal tersebut. Maksimalkan Youtube untuk berkarya dan berkreasi.

Untuk melakukan itu, kita harus mengetahui target belajar kita. Sebagai contoh saja, misal saya berminat untuk menulis skenario, maka saya akan mencari konten tutorial skenario. Apakah ada? Pasti.

belajar dari Youtube

Setelah nemuin tutorial yang diinginkan, buatlah target waktu untuk menguasai materi tertentu. Bikin bertahap hingga teman-teman bisa membuat apa yang dibutuhkan.

Selain itu, Youtube bisa dipakai mencari informasi saat tiba-tiba inspirasi datang.

Kemarin, saya tiba-tiba pengen bisnis yang ada hubungannya sama sepatu. Apa mau jual sepatu? Bisa jadi sih, tapi modal besar, kayaknya susah cari tutorial di YouTube. Terus apa dong? Tiba-tiba kepikiran shoe cleaner. Cari dong infonya di YouTube, akhirnya nemu tutorial bikin shoe cleaner homade. Praktikal banget sih itu kalau mau dijadikan bisnis.

Setelah sebuah produk yang diinginkan jadi, jangan malu-malu meminta penilaian dari orang lain. Mulai dari orang terdekat, rekan kerja, hingga minta respons di media sosial. Jadikan belajar dan produktif via YouTube ini menjadi rutinitas dan jangka panjang. Bolehlah sekali-kali nonton channel hiburan, yang pasti diusahakan untuk konsisten belajar melalui YouTube.

Mengutip dari laman Mentalfloss, laman tersebut merangkum setidaknya 50 Hal yang Bisa Dipelajari Melalui YouTube. Nih diantaranya:

  • Belajar Membaca Cepat
  • Tips Memperbaiki Wastafel Mampet
  • Tips Menghilangkan Noda di Karpet
  • Cara Membuat Api Unggun
  • Cara Mengganti Ban
  • Cara Menyapa dalam 50 Bahasa

Nah kurang lebih seperti itu.

Saya pernah mendengar kata-kata Koh Ernest Prakasa di sebuah media digital. Kata dia seseorang itu rugi besar kalau ga nggunain YouTube buat belajar. Kemudahan akses hingga beragamnya kreator membuat YouTube berisi banyak jenis konten.

Nah, kalau sudah begini, apa masih mau Youtube an cuman nonton trending ga jelas? Yuk berpikir dan berkembang.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.