#4 Ramadhan yang sehat

Assalamualaikum
 
Apa kabar teman-teman semua di hari ke-4 Ramadhan ini? InsyaALLAH baik-baik saja kan?
Tausiyah Ramadhan 1434 H  kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang bertajuk kesehatan, walaupun saya bukan dokter tak ada salahnya kalo berbagi mengenai kesehatan, asalkan hal itu tidak ngawur dan tidak ngasal. :D
 
Info ini saya dapatkan dari sebuah situs informasi berita yang lumayan besar, biasa dipanggil Yahoo nyess, apa tulisan benernya Yahoo News.
Disini saya akan me-riview kembali hal-hal yang di sebutkan di yahoo nyess, tentang resiko tidur setelah sahur. Tidur setelah sahur beresiko besar kita akan terkena penyakit, apa saja penyakitnya? mari dibahas…
 
Sahur adalah kegiatan makan sebelum berpuasa, dan normalnya, orang setelah makan harus dan disarankan melakukan kegiatan selama kurang lebih dua jam terlebih dahulu sebelum pergi beristirahat tidur. Karena jika setelah makan sahur kita langsung kembali ke peraduan alias tidur, proses pencernaan di lambung akan terhambat, bisa juga disebut proses pengosongan lambung akan terhambat, efek pertama ialah perut akan cepat membuncit, karena saat tidur lemak terkumpul di daerah perut, dikarenakan tidak ada proses pembakaran yang berarti.
 
Efek kedua ialah, posisi baring saat setelah makan akan menyebabkan refluks,  refluks ialah mengalirnya kembali sisa makanan di lambung ke keronggkongan dengan membawa asam lambung yang tidak baik untuk kerongkongan.

Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke. -http://id.berita.yahoo.com/ini-bahayanya-tidur-setelah-sahur-014416492.html-

Jeda normal antara makan dan tidur itu minimal 2 jam setelah makan, jika memang kita harus tidur setelah makan sahur usahakan beri jeda kurang lebih 2 jam. agar resiko penyakit berkurang.
 
Dari informasi diatas, bahkan stroke pun bisa menyerang kegiatan tidur yang kurang teratur. Jadi peringatan untuk saya secara khusus dan teman-teman pembaca secara umum. Dari semua ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa setelah sahur lebih baik digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif selain tidur, seperti kegiatan yang dianjurkan saat bukan ramadhan, yaitu beribadah kepada ALLAH SWT, seperti mengaji, kajian ilmu, dll.
 
Jadi mari kita semua berusaha mekasimalkan kegiatan di bulan ramadhan ini agar lebih bermanfaat dan bermakna. Bismillahiromanirrohim.
 

 

http://id.berita.yahoo.com/ini-bahayanya-tidur-setelah-sahur-014416492.html  > sumber inti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.